Sukses

Perdarahan Kehamilan Muda

22 Sep 2017, 21:37 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok saya baru saja mengalami keguguran, usia kandungan sy jalan 9week, lalu sy mengalami keguguran, smpai hari ini sy sdh menjalani masa nifas memasuki 2 minggu, dan sy sering keluar gumpalan darah yg ckup besar, semalam sy mengeluarkan gumpalan darah ckup besar dan ckup banyak sekiranya sekepelan tangan, lalu setelah itu sy mengeluarkan darah krg lebih berlangsungnya smpai 3jam,lalu paginya sy sperti merasa ingin buang air kecil, tp ternyata gumpalan it kluar lg tp wrnanya tdk sperti gumpalan darah, warnanya merah pucat dan ada warna putih2ny dok, ukurannya jg ckup besar dan agak keras, stelah mengeluarkan itu sy merasa perut sy agak lega dan sakitnya berkurang dok, apa yg sy alami ini wajar dalam hal keguguran dok? Tlg dijelaskan secara terperinci dok, karna sy takut ini malah jadi penyakit untuk saya, terimakasih sebelumnya

Terima kasih telah bertanya tentang perdarahan pada kehamilan muda menggunakan layanan Tanya Dokter

Perdarahan pervaginam pada trimester pertama dapat disebabkan oleh beberapa hal. Sekitar 20-30% wanita hamil akan mengalami perdarahan. Sekitar 50% perdarahan di kehamilan dapat berujung menjadi abortus atau keguguran. Beberapa penyebab diantaranya adalah :

perdarahan saat implantasi (perlekatan janin ke rahim), terjadi 6-12 hari setelah menstruasi

kehamilan ektopik atau kehamilan di luar rahim

kehamilan mola atau hamil anggur

perdarahan post-coitus (pasca senggama) karena leher rahim yang sensitif

Decidual bleeding dimana dinding uterus belum sepenuhnya menempel pada plasenta. Pada keadaan ini, satu bagian dari rahim dapat sedikit mengeluarkan darah

Keluarnya flek-flek pada triwulan pertama secara umum tidak berbahaya, kecuali keluarnya flek tesebut berlangsung lama, lebih dari 24 jam, atau disertai rasa mulas atau kram pada perut bagian bawah. Pada situasi seperti ini, sebaiknya Ibu segera berkonsultasi dengan dokter tempat Ibu kontrol kehamilan.

Perdarahan karena abortus (keguguran) dapat dicetuskan karena faktor luar seperti kelelahan atau trauma. Keguguran memiliki beberapa tahapan, pada tahapan pertama, janin masih berada di dalam kandungan dalam kondisi baik dan kehamilan dapat dipertahankan. Pada tahapan berikutnya, pada umumnya janin tidak dapat dipertahankan. Untuk mengatasinya, pada tahapan pertama, dokter akan menyarankan untuk bedrest total dan tidak melakukan hubungan intim dahulu dengan suami. Jadi kami sarankan agar istri Anda memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan kondisi kehamilan dan janin.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar