Sukses

BAB Anak Berwarna Hijau Tua

22 Sep 2017, 13:52 WIB
Wanita, 30 tahun.

Assalamualaikum,dok Sya mo tanya, tentang bab pd ank sya yg berumur 28hr, Ank saya sudah bbrpa hr bab ny berwarna hijau tua n brlendir... Sya lahir sc jd tiap hr konsumsi sayuran saja.krna msh mengikuti mknan yg d pntang, scra sy ada kolesterol ny jg jd bung mknn ap ja yg boleh... Sblmny memang ada sdkit kuning, setelah lahir. Menurut dokter hny sdkit jd tidak perlu d rawat k sini ny tggal sdkit bed kuning ny, sering d jemur pg n d ksh full asi.kmrn itu ank saya bab kuning da sdkit darah ny feses ny itu dok. Sdkit rewel, apakah bahaya atow tidak y dok???skrg msh hijau tua n brlendir, shari bs 5x lbh pup ny itu... Trima ksh dok,saranny

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terimakasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com

Feses yang berubah menjadi hijau dapat terjadi karena bayi Anda hanya mengkonsumsi makanan yang mengandung rendah lemak. Lemak biasanya didapatkan oleh bayi dari ASI. Namun bukan berarti semua ASI yang diberikan pasti tinggi lemak. Dalam payudaranya, ibu memiliki ASI depan (foremilk) dan ASI belakang (hindmilk).

Saat bayi menyusu, ia akan selalu menghisap ASI depan terlebih dahulu. ASI depan (foremilk) memiliki banyak kandungan gula dan laktosa tapi rendah lemak. Sementara ASI belakang (hindmilk) mengandung banyak lemak. Pada bayi yang diberikan ASI eksklusif, feses yang keluar akan didominasi warna kuning/golden feces, dan warna tersebut normal. Warna kuning ini berasal dari proses pencernaan lemak yang dibantu oleh cairan empedu.

Pada anak yang diberikan makanan lain selain ASI, seperti bayi Anda, menyebabkan terjadinya perubahan pada proses pencernaan dan akhirnya membuat feses bayi berwarna hijau. Bahkan sering juga menyebabkan terbentuknya gas yang terlalu banyak sehingga bayi sering kentut dan merasa tidak nyaman. Namun jika feses hijau hanya sedikit dan tidak keseluruhan, bisa saja hal tersebut adalah berasal dari makanan yang Anda konsumsi.

Kami sarankan Anda kembali mengunjungi Dokter Spesialis Anak Anda untuk mengkonsultasikan hal ini jika keluhan dirasa semakin mengkhawatirkan dan terdapat demam.

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar BAB anak Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar