Sukses

Kehamilan Usia Tua

21 Sep 2017, 16:59 WIB
Wanita, 32 tahun.

Hello doktor,apa nnti Di usia 34-35,,Di usia seperti itu,masih bisa untk hamil,soalya usia sya sekrng 32,,tpi blm menikah,,jika nnti saya telat nikah,apa d usia Kepala 3,bermaslh untk hamil,,Terimakasih

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter dan bertanya mengenai risiko kehamilan.

Usia 35 tahun tetap bisa hamil asalkan organ reproduksi kedua pasangan sehat. Kami memahami kekhawatiran anda mengenai risiko kehamilan terhadap diri anda. Bagi sebagian besar pasangan, kehamilan merupakan sesuatu hal yang menggembirakan. Namun dari sebuah studi ditemukan bahwa 5-10 % kehamilan termasuk dalam kehamilan risiko tinggi. Ibu hamil yang termasuk dalam kehamilan risiko tinggi memiliki risiko atau bahaya yang lebih besar pada kehamilan/proses persalinannya dibandingkan dengan ibu hamil dengan kehamilan normal.

Usia ibu hamil yang kurang dari 20 tahun atau lebih dari 35 tahun termasuk dalam kategori ibu hamil dengan kehamilan risiko tinggi. Selain itu, menjadi ibu bukanlah persoalan yang mudah. Diperlukan kesiapan baik secara fisik maupun psikis untuk membina sebuah keluarga baru.

Selain usia ibu saat hamil, terdapat beberapa kondisi lain yang tergolong dalam kehamilan risiko tinggi, yaitu:

riwayat kehamilan dan persalinan yang sebelumnya kurang baik (seperti riwayat keguguran, lahir mati, perdarahan setelah melahirkan, dsb)
berat badan ibu hamil kurang/termasuk kurus
tinggi badan ibu hamil < 145 cm
ibu hamil menderita anemia atau kurang darah
terdapat riwayat perdarahan pada kehamilan saat ini
tekanan darah meningkat disertai sakit kepala hebat dan timbul bengkak pada tungkai
kelainan letak janin atau bentuk panggul ibu tidak normal
jarak antara dua kehamilan kurang dari 2 tahun
sudah memiliki 4 anak atau lebih
ibu hamil memiliki riwayat penyakit kronis seperti diabetes, darah tinggi, asma, dsb.
Bagaimanapun, permasalahan ini bukannya tidak dapat dihindari. Dengan perawatan yang baik, sekitar 90-95% ibu dengan kehamilan risiko tinggi dapat melahirkan dengan selamat dan memperoleh bayi yang sehat. Di sinilah letak pentingnya melakukan pemeriksaan kehamilan secara teratur dan melakukan konsultasi Antenatal Care rutin ke dokter. Apabila ditemukan sedini mungkin, kondisi-kondisi di atas dapat segera diperbaiki agar tidak terjadi perburukan

Demikian informasi ini kami sampaikan mengenai risiko kehamilan, semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar