Sukses

Jerawat di Sekitar Kelamin

20 Sep 2017, 21:46 WIB
Pria, 28 tahun.

siang Dok, belakangan muncul jerawat di organ kewanitaan saya, itu kenapa ya dok? sangat tidak nyaman. mohon jawaban nya dok. terimakasih

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar jerawat di kelamin melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelumnya kami mebutuhkan beberapa informasi. Sejak kapan keluhan dirasakan? Jerawat seperti apa yang Anda maksud, apakah seperti jerawat di wajah atau benjolan? Berapa jumlah, ukuran, warna, letak, nyeri/tidak? Dimanakah letak pasti jerawat yang Anda maksud, apakah muncul di pangkal rambut-rambut kemaluan atau di bagian dalam vagina? Apakah ada keputihan, demam, dan pernah melakukan hubungan seksual?

Jika jerawat muncul di pangkal rambut kemaluan biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri yang disebut sebagai folikulitis. Hal ini biasanya disebabkan karena kurangnya menjaga kebersihan area vagina. Terapinya adalah dengan mencukur rambut vagina secara berkala dan menjaga kebersihan vagina. Hindari menggaruk saat gatal karena dapat memperparah rasa gatal dan menimbulkan luka/iritasi.

 

Apabila yang Anda maksudkan adalah benjolan seperti bintil- bintil dan tidak nyeri, dan terletak lebih dalam di liang vagina kemungkinan yang Anda alami adalah kutil kelamin (Condyloma accuminata).

Sulit bagi kami mendiagnosis penyakit dengan informasi yang sangat terbatas dan tanpa melakukan pemeriksaan fisik secara langsung. Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin untuk diagnosis dan penanganan lebih lanjut.

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar jerawat di kelamin, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar