Sukses

Telinga Berdenging dan Terasa Penuh

11 Sep 2017, 23:07 WIB
Pria, 24 tahun.

Selamat pagi, saya mau tanya dok. telinga kanan saya terasa penuh biasanya kambuh setelah bangun tidur dan terasa berdenging jika mendengar suara. itu termasuk gejala apa ya dok? terimakasih dok, mohon solusinya.

Terima kasih telah bertanya seputar Telinga Berdenging dan Terasa Penuh melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Mohon maaf atas keterlambatan jawaban kami. Keluhan pada telinga Anda telinga berdenging, dan telinga terasa penuh. Ada banyak penyakit yang dapat menimbulkan gejala tersebut. Namun sementara kami berasumsi bahwa gangguan yang Anda alami adalah gangguan fungsi tuba eustachius.

Tuba Eustachius adalah saluran yang menghubungkan telinga tengah dengan kerongkongan. Fungsi Tuba ini sebagai ventilasi, pengeluaran cairan dari telinga tengah, dan mencegah masuknya cairan masuk dari kerongkongan ke telinga tengah.Tuba biasanya dalam keadaan tertutup dan baruterbua apabila oksigen diperlukan masukke telinga tengah atau pada saat mengunyah, menelan dan menguap.

Gangguan fungsi Tuba dapat terjadi oleh beberapa hal, seperti tuba terbuka terbuka abnormal, gangguan otot tuba, bibir sumbing berat, dan sumbatan pada Tuba. Pada kondisi Anda, kami berasumsi gangguan fungsi tuba disebabkan karena adanya sumbatan pada tuba.

Sumbatan pada tuba dapat terjadi oleh berbagai kondisi, seperti peradangan di daerah leher atau oleh tumor. Gejala awal timbul pada penyumbatan tuba adalah terbentuknya cairan pada telinga tengah. Keluhan biasanya berupa rasa penuh ditelinga, gema suara sendiri terasa lebih keras, perasaan ada air dalam telinga, suara mendesis, hingga berkurangnya pendengaran pada telinga dengan tuba yang terganggu.

Ada baiknya Anda tetap tenang dan tidak perlu khawatir, karena gejala yang Anda alami ini merupakan akibat dari saluran tuba yang terganggu, walaupun memang gejala ini mirip dengan kanker nasofaring (namun tentunya harus disertai gejala lain).

Ada baiknya Anda tetap kembali memeriksakan diri ke dokter spesialis THT untuk mengetahui kesehatan Telinga-Hidung-Tenggorok dan menyingkirkan kemungkinan terburuk penyebab gejala yang Anda alami tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai Telinga Berdenging dan Terasa Penuh. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar