Sukses

Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat

11 Sep 2017, 16:22 WIB
Pria, 16 tahun.

Dok cara ngilangin bopeng bkas jerawat di wajah yang berminyak gimana dok

Terima kasih telah bertanya seputar menghilangkan bopeng bekas jerawat melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Mohon maaf atas keterlambatan jawaban kami. Untuk penanganan menghilangkan bekas jerawat, terdapat beberapa cara. Dan setiap teknik dan cara yang ada tergantung pada beberapa faktor, antara lain:

  • Luas area bekas jerawat yang hendak dihilangkan.
  • Dalamnya luka bekas jerawat.
  • Bekas jerawat dapat dihilangkan dengan beberapa cara, misalnya dengan terapi laser, dermabrasi, dan lainnya.

Namun, penanganan bekas jerawat ini sangat tergantung dari luas serta kedalaman bekas jerawat. Kondisi bekas jerawat ringan dan cara memudarkan bekas jerawat:

  • Pada keadaan ringan, bekas jerawat dapat memudar hanya dengan pemberian hidrokuinon 2% (termasuk dalam dosis aman) hanya tepat pada daerah bekas jerawat.
  • Selain itu, bekas jerawat juga dapat disamarkan dengan cara pemberian krim malam yang umumnya mengandung asam retinoat yang diresepkan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin.
    Kemudian cara lain yang dapat memudarkan atau bahkan menghilangkan bekas jerawat yaitu Procedure Chemical Peeling.

Kedua prosedur tersebut (krim malam yang mengandung asam retinoat dan chemical peeling) bekerja dengan cara mempercepat proses regenerasi kulit, sehingga sel-sel kulit baru akan lebih cepat timbul.

Selain itu Anda dapat menerapkan cara-cara dibawah ini:

  • Exfoliate
    Exfoliate atau menggosok wajah dengan scrub (peeling) seringkali membantu menghilangkan bekas jerawat, mengangkat kulit mati dan mengurangi dalamnya lubang bekas jerawat. Tapi hati-hati jangan menggosok terlalu keras karena dapat membuat hilangnya minyak di wajah yang dapat memicu kulit kering.
  • Konsumsi Makanan Berserat
    Serat bermanfaat untuk mengusir racun dari tubuh yang menyumbat pori-pori kulit. Bila tersumbat, pori-pori kulit akan membengkak, pecah, dan meninggalkan bekas jerawat.
  • Olahraga
    Olahraga membantu meningkatkan asupan oksigen dan nutrisi yang disebar ke seluruh jaringan tubuh, termasuk kulit. Berkeringat hasil dari berolahraga juga berfungsi sebagai detoksifikasi kulit yang membantu mencegah pembentukan jerawat.
  • Menghindari Sinar Matahari
    Sering terpapar matahari bisa menyebabkan noda hitam di wajah. Bila beraktivitas luar ruangan gunakan tabir surya atau pelindung kepala seperti topi untuk mengurangi tingkat paparan dari matahari.
  • Jangan Menyentuh Jerawat
    Jari Anda mengandung bakteri di sela kuku dan meningkatkan risiko jerawat muncul. Memencet jerawat pun juga dilarang karena dapat menyebabkan peradangan yang menimbulkan risiko bekas jerawat.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai menghilangkan bopeng bekas jerawat. Semoga bermanfaat. Salam sehat. 

0 Komentar

Belum ada komentar