Sukses

Cara Relaktasi

11 Sep 2017, 13:58 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok aku mw tnya saya blm lama Melahirkan bln juli kmrn.. Anakku aku kasih asi cuma smpai 2mnggu stlh dy lhir dn aku gnti dgn sufor smpai skrg aku berniat buat beralih asi lgi tpi asi ku ku pencet masih kluar asinya dok yg jdi pertnyaan sya apakah sya hrus relaktasi atau hrus mmperbnyak asi sja.. Krna klo aku pncet msh ad tpi sedikit apakah hru relaktasi dok atau ga

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar relaktasi melalui fitur Tanya Dokter

Relaktasi adalah praktik menyusui kembali bayi langsung ke payudara setelah dalam kurun waktu tertentu tidak menyusui atau menyusui secara parsial (mencampur pemberian ASI dengan makanan / minuman selain ASI) karena alasan tertentu. Relaktasi dapat dilakukan dengan diawali niat yang kuat untuk kembali menyusui. Ajak pasangan dan anggota keluarga serta orang-orang terdekat untuk mendukung ibu melakukan relaktasi. Semakin muda usia bayi, semakin mudah relaktasi dilakukan dan berhasil.

Hentikan total penggunaan dot dan botol, berikan susu atau makanan lain dengan menggunakan gelas atau sendok, agar bayi dapat lupa pada dotnya, dan mau mengisap payudara ibu.
Persering kontak kulit antara ibu dan bayi. Guna dari kontak kulit ini agar hormon laktasi dirangsang oleh isapan mulut bayi. Kegunaan lain, bayi dapat mencium bau ibunya dan mengakrabkan diri dengan ibu.

Siapkan waktu dan kesabaran yang tinggi dalam menjalani proses relaktasi karena proses ini tidak bisa diukur jangka waktunya. Semua bergantung pada niat dan usaha masing-masing individu.

Lama-kelamaan produksi ASI anda akan meningkat kembali apabila sering dilakukan rangsangan.

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar relaktasi, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar