Sukses

Limfoma Non-Hodgkin

11 Sep 2017, 11:33 WIB
Pria, 17 tahun.

dok berikut hasil yang saya terima dari analisa laboratorium patologi anatomi: CD20 : positif pada fokus-fokus tertentu sel tumor CD3 : positif pada sebagian besar sel tumor Ki67 : positif >30% LCA : positif CD79a: positif pada fokus-fokus tertentu sel tumor kesimpulan : T cell Non Hodgkin Lymphoma (High Grade) yang ingin saya tanyakan,pengobatan seperti apa yang harus dilakukan? mohon solusinya dok. terimakasih..

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar Limfoma Non-Hodgkin melalui fitur Tanya Dokter.

Penanganan LNH dan PH, seperti pada kanker jenis lainnya, bergantung pada stadium penyakit. Terapi yang dianjurkan adalah penanganan dengan kemoterapi yang dikombinasi dengan radiasi dengan penyesuaian untuk setiap stadium. Menyangkut Limfoma Malignum dan keganasan lainnya, maka istilah yang digunakan untuk kesembuhan adalah remisi yang menandakan bahwa penyakit tidak berkembang, terkontrol dan tidak menimbulkan gejala-gejala terkait. Tingkat remisi pada LNH bergantung dari stadiumnya. Pada LNH stadium I-II, remisi dapat mencapai 90%, sedangkan pada stadium III-IV dapat mencapai 70-80%. Pada PH, tingkat remisi dapat mencapai 60-80%. Pada penyakit ini pula setelah remisi, masih terdapat kemungkinan untuk terjadi kekambuhan.

Kami sarankan anda melanjutkan konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam - onkologi untuk penanganan lebih lanjut 


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar Limfoma Non-Hodgkin, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar