Sukses

Mengapa Sering Haid

11 Sep 2017, 11:24 WIB
Wanita, 20 tahun.

Selamat pagi dok, ini saya suci boleh kah saya bertanya dok, ? Mohon maaf mengganggu waktu nya, saya mw bertanya, kenapa ya dok sering sekalih saya mengalami haid. Padahal baru 1 minggu saya bersih haid dan sekarang tgl 5 saya sudah mengalami haid lagi, apakah ada gangguan, apa artinya ya dok, selama menikah 4 bln yg lalu saya coba tespek hasil nya negatif waktu sebln saya menikah sempat telat haid 1 minggu, pas coba tes ada 2 garis tapi samar. Setelah 1 minggu lg saya mengalami haid. Sampe sekarang haid saya lancar tapi 1 bln bisa 2 kali mengalami haid. Mohon pencerahannya ya dok, terimakasih😊

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah menanyakan tentang haid terlalu sering melalui fitur Tanya Dokter.

Polimenorea adalah suatu gangguan pada siklus menstruasi wanita, dimana siklus menstruasi kurang dari 21 hari. Polimenorea dapat terjadi akibat adanya gangguan pada keseimbangan hormonal atau penyakit polikistik ovarium.

Siklus menstruasi yang normal berlangsung antara 21-35 hari, selama 2-8 hari dengan jumlah darah haid sekitar 25-80 ml/hari.

Kondisi darah haid terlalu sering ini bisa terjadi karena banyak hal, antara lain:
1. kelainan pembekuan darah, misal : akibat Von Willebrand Disease, kekurangan protrombin, idiopatik trombositopenia purpura (ITP), dll
2. gangguan organ kandungan
3. kelainan kelenjar tiroid
4. adanya kista ovarium
5. mioma di rahim
6. penggunaan kontrasepsi IUD
7. efek samping obat tertentu
8. dan sebagainya

Bila Anda mengalami keluhan haid terlalu sering, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter kandungan. Sementara itu, Anda juga disarankan untuk minum air putih minimal 1,5 liter sehari, dan mengkonsumsi makanan yang tinggi zat besi seperti daging sapi, hati ayam, dan sayuran hijau.

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar haid terlalu sering,semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar