Sukses

Telat Haid, Pasti Hamil?

11 Sep 2017, 05:31 WIB
Wanita, 19 tahun.

Slmat siang dokter.. Saya nak Tanya... APA kah ktrlmabtan... Dtng bulan 2 bln Hamil . tpi Tak prnah melakukan hungan suami istri

Terimakasih Anda telah bertanya seputar syarat terjadinya kehamilan melalui fitur Tanya Dokter

Saya mengerti kekhawatiran Anda

Terdapat 2 komponen penting dalam syarat terjadinya kehamilan, yaitu

  • Sel telur wanita. Hanya dikeluarkan 1 kali pada tiap siklusnya, disebut sebagai proses ovulasi. Bertahan 24 jam pada saluran tuba rahim, kemudian akan meleburkan diri jika tidak dibuahi.
  • Sperma. Jika dikeluarkan didalam vagina wanita, akan dapat bertahan hidup hingga 5 hari.

Kehamilan dapat terjadi bila ada pembuahan sel telur wanita oleh sperma pria. Sperma yang keluar disemprotkan ke dalam vagina wanita nanntinya akan berjalan menuju saluran rahim tempat sel telur menunggu. Kesempatan untuk terjadinya kehamilan adalah pada saat masa subur, yaitu saat ovulasi yang dihitung 14 hari sebelum haid sebelumnya, kemudian ditambahkan 5 hari sebelum dan 1 hari sesudah hari ovulasi tersebut. Apabila Anda melakukan ejakulasi di bibir vagina, bisa saja ada sperma yang melewati selaput dara.

Jika sperma telah masuk namun tidak pada masa subur, umumnya tidak dapat terjadi kehamilan, karena tidak ada sel telur yang dibuahi. Jadi dengan atau tanpa orgasme wanita kehamilan tetap bisa terjadi, yang terpenting adalah ada tidak nya sel telur saat sperma masuk kedalam rahim. Jadi bila tidak ada hubungan suami istri, maka tidak mungkin hamil. 

Gangguan haid, dimana haid menjadi tidak teratur, sering disebabkan oleh masalah hormonal. Beberapa hal yang dapat menyebabkan gangguan tersebut antara lain:

-Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama
-Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
-Pa-sien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
-Malnutrisi (kurang gizi)
-Stres psikologis
-Atlet
-Kekurangan vitamin K
-Penggunaan obat-obatan tertentu
-Selain gangguan hormonal, dapat juga terjadi gangguan organ kandungan. Untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan USG kandungan

Demikian kami sampaikan informasi seputar syarat terjadinya kehamilan, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar