Sukses

Penularan Penyakit HFMD

10 Sep 2017, 20:51 WIB
Pria, 37 tahun.

Mau tanya dok untuk anak saya saat ini sedang sakit hmf ..dan sudah diisolasi di ruangan terpisah. Tapi sudah 3 hari ternyata ade nya akhirnya ketularan juga dan kondisi kakaknya sduah membaik saat ini apakah bisa balik dan menular ke kakaknya kembali dan bagaimana cara pencegahannya karena sebelumnya sudah diisolasi dalam kamar terpisah ternyata tetap bisa menular ya...mohon info nya dok.. terimakasih

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar penularan penyakit melalui fitur Tanya Dokter.

Flu singapura atau yang dikenal juga dengan istilah hand foot and mouth disease (HMFD) merupakan suatu infeksi oleh virus ringan yang sering ditemukan pada anak-anak dan sangat menular.

Kemungkinan besar yang terjadi pada kakaknya adalah sebelum muncul gejala, sudah tertular. Mengapa? Karena penyakit ini memiliki masa inkubasi (masa dimana tubuh sudah tertular namun belum mengeluarkan gejala) selama antara2 hari - 2 minggu , namun rata-rata gejala muncul dalam waktu antara 3-5 hari setelah tertular. Jadi sepertinya anak anda sudah tertular terlebih dahulu sebelum dipindahkan ke ruangan isolasi.


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar penularan penyakit, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar