Sukses

Pil KB dan Haid

10 Sep 2017, 17:54 WIB
Wanita, 24 tahun.

Saya mau tanya dong dok. Saya baru mnikah pd bln april dan hnya satu kali mnggunakan suntik kb pd bln april stlah itu saya lepas smpai skrang. Pd bln juni tgl 5 haid saya tdak lncar hnya sdikit cairan yg kluar tp brlngsung skitar 10 hri, pd bln juli haid saya loncat jauh tgl 20 dn kluar cairan bnyak / bsa diktakan haid normal sprti sblum saya mnggunakan kb. Tpi sjak haid bln juli slesai snpai skrang saya blum mndpat haid lgi tpi hasil tes jga negativ. Smnggu kmarin prut saya sring kram kya mau haid gitu tpi gak kluar jga kdang jga ada rasa kya di gigit semut,, di bgian payudara jga krasa ngilu apa lgi klo di sentuh lumayan keras. Itu ada efek hormon atau gimana ya dok???

Terima kasih telah bertanya tentang gangguan haid dan penggunaan KB dengan menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Penggunaan kontrasepsi yang paling baik tergantung dari keadaan setiap pasien. Apabila Anda bertanya apakah jenis kontrasepsi yang tidak berefek terhadap tubuh umumnya adalah kontrasepsi mekanik, seperti IUD dan kondom. IUD digunakan dengan memasukkan alat ke dalam kandungan Anda.Jika kontrasepsi hormonal, umumnya memiliki efek samping berupa perdarahan bercak, dan pengaruh terhadap penyakit metabolik seperti tekanan darah.

Pemilihan KB tidak dapat disamaratakan karena tergantung karakter dan keperluan individu tersebut. KB suntik 1 bulan, suntik 3 bulan maupun KB pil merupakan KB hormonal. Salah satu efek samping dari KB hormonal adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan, bahkan 70% pengguna KB suntik tidak mengalami siklus mens. Setiap individu memiliki efek respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini. Selain itu efek samping lain KB hormonal yang dapat dikeluhkan adalah berat badan naik, tekanan darah tinggi, osteoporosis.

Bila Anda tidak nyaman dengan penggunaan KB yang saat ini digunakan maka Anda dapat mengganti metode kontrasepsinya. Pergantian kontrasepsi tentu saja dapat dilakukan jika memang diperlukan, misalkan karena efek samping yang kurang dapat diatasi. Hal ini sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda.

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Keluarga Berencana

Pendahuluan KB

Kondom

Pil Kombinasi

Fokus Urus Anak, Tidak Ada Salahnya Pakai Kontrasepsi

3 Trik Cegah Kehamilan dengan Sistem Kalender

Apakah Kondom Baik untuk Vagina?

Kondom Berkualitas Efektif Cegah PMS

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar