Sukses

Pilihan Obat Batuk

10 Sep 2017, 17:16 WIB
Pria, 19 tahun.

assalamualaikum dok dulu kakak saya pernah batuk keras, sampai dadanya sakit kalau batuk dan lama. singkat cerita setelah gonta ganti obat si dokter ngasih resep obat baru. mungkin obat keras ya, soalnya dokter blang itu cuman bisa dibeli pakai resep. obatnya bulat warna hijau. alhamdulillah cuman minum 2 biji batunya reda, nga lama hilang. yang saya mau tanyakan nama obatnya itu loh dok. soalnya kejadian itu udah lama dan sekarang kerabat saya juga ngalamin batuk yang sama dan dokter yang dulu ngasih itu didaerah lain. setidaknya saya tau dulu nama obatnya dok. terima kasih

Terima kasih karena Anda telah bertanya tentang pengobatan batuk menggunakan fitur Tanya Dokter

Mohon maaf informasi karakteristik obat batuk yang Anda sampaikan sangat minim, kami tidak dapat menebak obat tanpa informasi lengkap. Obat batuk bisa membantu Anda meredakan gejala. Sebelum membeli obat batuk, penting bagi Anda untuk mengenali dulu jenis-jenisnya.

Obat batuk ada yang bisa dibeli tanpa resep dokter, dan ada juga yang harus melalui resep dokter. Obat batuk yang bisa dibeli tanpa resep dokter terdiri dari dua jenis, yaitu:

Antitusif
Antitusif bekerja dengan menekan refleks batuk. Pada umumnya, obat batuk antitusif mengandung dextromethorphan dan hanya digunakan untuk batuk kering tanpa dahak. Saat ini obat dextromethorphan tidak dapat dibeli secara terpisah, namun sudah dalam bentuk kombinasi dengan obat antihistamin dan/atau dekongestan.

Ekspektoran
Ekspektoran bekerja dengan cara mengencerkan dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan dari saluran napas. Ekspektoran mengandung guaifenesin. Dahak merupakan benda asing yang memicu batuk, jika dahak keluar maka batukpun akan mereda. Sama halnya dengan antitusif, obat batuk ekspektoran juga biasanya tersedia dalam bentuk kombinasi dengan antihistamin atau dekongestan. Jika Anda mengalami batuk berdahak jangan lupa untuk mengonsumsi lebih banyak air putih, karena dapat membantu mengencerkan dahak.

Kemudian ada jenis lain obat batuk, yakni obat batuk kombinasi. Berikut di halaman selanjutnya penjelasan mengenai obat batuk kombinasi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan.

0 Komentar

Belum ada komentar