Sukses

Tanda-Tanda Kanker Lidah
09 Sep 2017, 16:02 WIB
Pria, 29 tahun.

Assalamualaikum waarahmatullahiwabarakatuh Dok sy sekarang kerja dikapal 9bln.. sebulan lg sdh mau plng..setelah sy bc artikel di fb kisah seseorang yg kena kanker lidah..sy iseng2 cek lidah sy kyk ada bercak merah kecil kyk jerawat di lidah dkt tenggorokan sy..sy heran dan cr di google ciri2 kanker lidah..sebagian cirinya sdh ap pd sy membuat sy gak bisa tidur dan sering kepikiran.. Ciri yg sy dptkan skrng 1 sering muncul sariawan dlm 5hari hilang dan muncul lg sdh ke 3kali nya ini...2 sakit tenggorokan berkepanjangan mungkin sdh 2 atau 3 bln awalnya sy kira radang biasa krn sy tinggal dieropa dgn suhu dingin. 4 abis sikat gigi biasa ada darah sedikit krn sy gosok lidah jg..5 terahir sering muncul tiba2 nyeri pada telinga..apkah ini sdh termasuk gejala kanker lidah atau apa dok ? Dan seblan lg sy plng apa hrs cek secepatnya di indo atau nunggu plng? Soalnya dokter dikapal orang nya bkn dokter specialis dia cm kasi krim buat di taruh dimulut dan obat kumur katanya gak apa2 jgn percaya google .. Tp sy ampe skrng masih kawatir dok mohon pencerahan nya makasih sebelumnya.. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Terimakasih telah bertanya seputar tanda-tanda kanker lidah melalui fitur Tanya Dokter.

Berikut ini adalah gejala-gejala Kanker Lidah, yaitu:

-Bercak berwarna merah atau putih, benjolan, atau sariawan yang tidak kunjung sembuh, lebih dari 3 minggu.
-Sakit saat menelan dan Sakit tenggorokan yang berkelanjutan.
-Rasa kebas dalam mulut yang tidak kunjung hilang.
-Rasa sakit pada telinga.
-Pendarahan tanpa sebab yang jelas pada lidah.

Sangat penting bagi Anda untuk memeriksa rongga mulut secara teratur. Pemeriksaan dapat dilakukan sendiri di rumah. Jadi bila ada sesuatu yang aneh dan mencurigakan bisa langsung diperiksakan ke dokter. Itulah gunanya memeriksakan diri secara teratur ke dokter gigi minimal setiap 6 bulan sekali, agar keadaan abnormal yang memerlukan tindak lanjut dapat ditemukan lebih awal.

Untuk mengatasi sariawan, Anda dapat melakukan pengobatan simtomatik, yaitu dengan mengobati gejala-gejala yang timbul. Seperti mengurangi rasa sakit, serta mencegah terjadinya sariawan baru.

Untuk pengobatan Sariawan ringan dapat menggunakan obat kumur antibakteri, contoh: khlorhexidin 0,2%

Untuk pengobatan sariawan yang ringan-sedang dapat menggunakan obat kumur antibakteri atau obat kumur mengandung lokal anestesi, contoh : benzydamine 0,15% atau lignocaine gel 2% dioles pada bagian yang sakit, berkumur dengan suspense Sukralfat 1g/5 ml, jangan ditelan.

Untuk sariawan sedang-berat dapat menggunakan obat kumur antibakteri atau obat kumur mengandung lokal anestesi, contoh : benzydamine 0,15% atau lignocaine gel 2% dioles pada bagian yang sakit, berkumur dengan suspense Sukralfat 1g/5 ml, jangan ditelan. Ditambah obat analgetik (obat anti nyeri) jika diperlukan.

Apabila sudah melakukan pengobatan sariawan namun gejala belum hilang maka segera periksakan keluhan anda kepada dokter gigi spesialis penyakit mulut (drg. Sp.PM) agar pemeriksaan dapat dilakukan lebih menyeluruh serta mendapatkan diagnosa yang tepat sehingga dapat dilakukan rencana perawatan yang akurat. Untuk anda yang sedang berlayar sebaiknya konsultasi ke dokter segera setelah sampai di darat. Sementara menunggu sampai mendarat, usahakan pola makan dan tidur sehat, dan juga gaya hidup yang sehat.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai tanda-tanda kanker lidah, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar