Sukses

Penurunan Berat Badan Saat Bekerja Shift

09 Sep 2017, 11:51 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok, saya mau nanya, sebelum bekerja berat badan saya awalnya 55 kg, tpi setelah bekerja dengan sistem shift berat badan saya turun jadi 45, apakah itu faktor dari kecapekan atau gimana terima kasih

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah bertanya tentang Penurunan Berat Badan Saat Bekerja Shift melalui fitur Tanya Dokter

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Pada dasarnya, yang menyebabkan berat badan seseorang tidak bertambah adalah karena asupan energi yang lebih rendah dari kebutuhan sebenarnya, sehingga energi cadangan Anda dalam bentuk lemak akan digunakan. Penyebab lain adalah karena metabolisme tubuh yang cepat (biasanya merupakan faktor keturunan). Selain itu, seseorang yang termasuk dalam kategori kurus dapat disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti hipertiroid atau tuberkulosis.

Bagaimana Anda menjaga asupan makan Anda saat bekerja shift, apakah cukup ? Sleain itu bagaimana dengan istirahat Anda ?

Berikut kiat untuk Anda pekerja shift malam dalam menjaga kekebalan tubuh agar terhindar dari penyakit:

- Banyak minum air putih saat bekerja

Asupan cairan dibutuhkan selama bekerja saat malam hari untuk menjaga tubuh tetap fit. Anda pun dapat lebih fokus dan semangat dalam bekerja. Kurang cairan atau dehidrasi dapat memicu berbagai masalah kesehatan.

- Membayar utang tidur

Setelah semalaman tidak tidur, pastikan untuk mengganti utang tidur sebanyak jumlah tidur Anda yang semestinya. Misalnya, Anda tidak tidur selama 8 jam saat malam, sebaiknya tidur siang atau sore sebanyak 8 jam juga. Namun, jumlah jam ini tidak harus dibayar dalam sekali tidur atau dapat dibagi dua.

- Tidur 30 menit sebelum bekerja

Menabung tidur sebanyak 30 menit akan membuat tubuh tetap segar saat bekerja malam. Namun, hendaknya tidak melebihi 30 menit karena ketika bangun justru Anda akan merasa pusing dan lelah. Jikapun melebihi 30 menit, sebaiknya menyelesaikan satu siklus tidur sekaligus yakni 90 menit.

- Olahraga rutin

Jangan malas berolahraga! Olahraga tetap harus dilakukan sekitar 2-3 kali seminggu dengan durasi minimal 30 menit. Anda bisa berjalan kaki keliling kompleks, bersepeda, atau ikut kelas Zumba.

- Konsumsi sayur dan buah

Perbanyak konsumsi sayur dan buah Anda. Vitamin dan antioksidan di dalamnya akan menjaga tubuh tetap prima.

- Minum suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Sebagai pelengkap, Anda dapat mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Misalnya, suplemen yang mengandung vitamin C atau squalane yang berasal dari ekstrak minyak hati ikan hiu. Keduanya mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda, terutama setelah begadang semalaman.

Beberapa cara sehat untuk menaikkan berat badan, yaitu :

  • Makan secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang, dengan porsi lebih banyak dari biasanya. Serta ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah). Gizi seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal. Perkiraan jumlah yang disarankan adalah karbohidrat 50% per hari, protein 20% sehari, dan lemak 30% sehari.
  • Meningkatkan asupan protein dan karbohidrat sangat baik untuk meningkatkan berat badan. Makan lebih banyak protein dan karbohidrat seperti roti, nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu.
  • Berolahraga secara teratur. Beberapa jam setelah olahraga biasanya akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, yang tentunya berguna untuk menaikkan berat badan. Jenis olah raga pun tidak perlu yang sulit atau terlalu berat. Berjalan kaki selama 30 menit secara teratur sudah cukup untuk menjaga keseimbangan tubuh.
  • Memperbanyak minum air putih, dapat memperbaiki metabolisme tubuh serta melancarkan pencernaan. Minum setidaknya 1.5-2 liter air mineral sehari.
  • Saat minum susu, pilihlah susu full cream (whole milk) agar diperoleh nutrisi lebih.
  • Selain itu, cobalah untuk memperhatikan label makanan yang dikonsumsi, untuk mengetahui jumlah kalori dan kandungan nutrisi pada produk makanan tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar Penurunan Berat Badan Saat Bekerja Shift, semoga bermanfaat.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar