Sukses

Terapi Untuk TBC Paru Dan Cairan Selaput Paru

09 Sep 2017, 10:38 WIB
Wanita, 25 tahun.

Suami saya menderita tbc dan effuse paru kiri. Saya sdh konsul ke dokter dan ia menyarankan untuk pengobatan 6bulan (pemberian antibiotik) pada effuse parunya itu. Yang saya tanyakan apa tidak bisa langsung disedot saja spy cepat pulih?

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah bertanya tentang Terapi Untuk TBC Paru Dan Cairan Selaput Paru melalui fitur Tanya Dokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Efusi Pleura adalah peningkatan cairan yang berakumulasi di rongga pleura (rongga yang meliputi paru-paru). Peningkatan cairan di rongga pleura dapat menyebabnya gangguan pernapasan akibat terganggunya pengembangan paru saat bernapas.

Efusi pleura dapat disebabkan oleh berbagai macam penyakit, diantaranya adalah tuberkulosis, gagal jantung, pneumonia, kanker, dll. Tuberkulosis adalah penyebab efusi pleura terbanyak di negara berkembang seperti Indonesia. Menurut The Journal Chest tahun 2006, Efusi pleura terjadi pada 5% pasien dengan TBC dan jumlah TBC ekstrapulmoner (termasuk efusi pleura) ini ditingkatkan dengan adanya pandemik HIV.

Efusi pleura merupakan penyakit sekunder dari TBC. Hal ini terjadi karena iritasi dari selaput pleura yang menyebabkan gangguan permeabilitas membran sehingga menurunkan tekanan onkotik yang menyebabkan cairan masuk ke dalam rongga pleura. Jadi efusi pleura memang dapat berhubungan dengan penyakit Tuberkulosis.

Dari data yang Anda sampaikan, efusi pleura akibat proses dari infeksi TBC paru Anda. Obat yang diberikan selama 6 bulan adalah untuk mengobati infeksi TBC paru Anda. Jika infeksi teratasi, cairan pada selaput akan diserap perlahan sejalan dengan perbaikan infeksinya. Tidak semua efusi pleura selalu disedot. Tindakan penyedotan cairan efusi tergantung pada klinis pasien dan jumlah cairan. Hal ini berdasarakan penilaian oleh dokter Anda setelah dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan akan dilakukan oleh dokter yang berkompeten.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Terapi Untuk TBC Paru Dan Cairan Selaput Paru. Semoga bermanfaat.

 

1 Komentar

  • Ben

    indikasi apa yang mendasari perbedaan dokter melakukan tindakan di sedot atau mengobati dulu tb nya selama 6 bulan itu.apakah dari volume cairan di paru nya?berapa cc ?