Sukses

Pembengakan Kelenjar Parotis Belum Berkurang

08 Sep 2017, 21:00 WIB
Pria, 20 tahun.

selamat malam, saya ingin bertanya dok.. sebelumnya saya mungkin sekitar 3minggu atau 2 minggu lalu sakit sesak napas dan lemas.. namun ada benjolan di belakang telinga kanan saya, keras seperti tulang tapi kalau di tekan rada nyeri, dan waktu itu saya sudah periksa dan usg di lab dokter dan hasilnya kata dokter adalah radang parotitis yang tidak berbahaya, dan bisa sembuh kapan saja, namun sampai sekarang tidak kempes juga benjolannya, apakah berbahaya dok? benjolannya tidak besar, hanya kecil. kata dokter saya kurang minum air dan makan sayur karna memang pada dasarnya sperti itu, tapi sekarang sayur dan minum air putih sudah saya laksanakan, tetapi blm kempes juga.. kenapa ya dok? terimakasih

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah bertanya tentang Pembengakan Kelenjar Parotis Belum Berkurang menggunakan fitur Tanya Dokter

Halo, Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda pasti sangat mengganggu Anda. Dari informasi yang Anda sampaikan, sepertinya penyakit ini adalah Parotitis.

Penyakit parotitis merupakan peradangan atau infeksi kelenjar ludah parotis. Kelenjar ini merupakan kelenjar ludah utama, dan terletak di sudut rahang bawah dan di bawah daun telinga. Jika membengkak, telinga akan terdorong ke atas. Hal ini akan membedakan pembengkakan kelenjar parotis dari pembengkakan kelenjar limfe yang berada pada daerah yang sama.

Saat ini, penyebab utama parotitis adalah infeksi bakteri, sedangkan parotitis karena virus mumps sudah jarang ditemukan berkat diwajibkannya imunisasi MMR (Mumps, Measles, Rubella) pada anak. Umumnya bakteri penyebab parotitis bakterial adalah Staphylococcus aureus. Ada juga virus lain yang menyebabkan parotitis, namun biasanya setelah beberapa hari akan sembuh sendiri.

Mumps merupakan parotitis yang mudah menular, sedangkan parotitis karena infeksi bakteri tidak menular (kecuali karena terpapar nanah/pus yang ada). Mumps akan membaik sendiri setelah 5 - 9 hari, tanpa diberikan pengobatan.

Kami menyarankan Anda berkonsultasi kembali ke dokter untuk dilakukan evaluasi kembali. Anda juga perlu menjaga kebersihan mulut serta gigi. Apakah ada gigi yang karies? Kami menganjurkan Anda untuk memeriksakan gigi ke dokter gigi, karena penyebab parotitis bakteri biasanya karena adanya infeksi pada rongga mulut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar Pembengakan Kelenjar Parotis Belum Berkurang, semoga bermanfaat.
Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar