Sukses

Mengatasi Sakit Maag

08 Sep 2017, 22:18 WIB
Wanita, 23 tahun.

Bagaimana mencegah magh datang? Dan bagaimana membuat lambung tidak sering kambuh atau tahan terhadap asam lambung? Yg ketiga, jika sudah parah, apa yg harus dilakukan dan apa yg perlu dihindari penderita magh? Terimakasih.

Terima kasih telah bertanya tentang Mengatasi Sakit Maag melalui fitur Tanya Dokter

Maag atau di dalam dunia kedokteran disebut dengan gastritis, yaitu peradangan yang terjadi pada lambung akibat pengeluaran asam lambung yang berlebih. Umumnya maag akan menimbulkan gejala nyeri ulu hati, atau perut kiri atas, mual, kembung, dan muntah. Bila benar ibu Anda terkena maag, maka selain pengobatan oleh dokter maka anda juga harus melakukan perubahan pola hidup seperti jangan sampai telat makan/usahakan makan teratur, makan sedikit-sedikit tetapi sering, hindari konsumsi makanan pedas,asam,alkohol,rokok,kafein dan hindari stress. Hati-hati pula dalam mengkonsumsi obat-obatan anti nyeri atau jamu-jamuan, karena dapat berisiko menimbulkan sakit maag. Bagaimana dengan pola makan, obat- obatan dan kondisi psikisnya saat ini?

Untuk mengatasi maag yang dapat dilakukan adalah:

Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)
Hindari dahulu konsumsi coklat, keju, kopi atau teh.
Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari
Jangan terlambat makan
Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog)
Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu.
Anda dapat mengonsumsi obat antasid 15 menit sebelum makan.

Namun jika semua hal tersebut tidak terlalu membantu, kami sarankan agar ibu Anda kembali berkonsultasi kepada dokter spesialis penyakit dalam.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait Mengatasi Sakit Maag. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar