Sukses

Kandidiasis Vagina

08 Sep 2017, 17:10 WIB
Wanita, 24 tahun.

Selamat malam dok, Hasil pap smear saya Negatif Lesi Intraepitelial dan keganasan Radang, Organisme :Candida spp Mohon penjelasannya ya dok. Terimakasih

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai kandida di vagina melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda alami. Kondisi yang Anda alami adalah kandidiasis. 

Kandidiasis merupakan istilah yang dipakai untuk infeksi jamur dari spesiesCandida (Candida sp.), dengan jenis yang paling sering ditemukan adalah Candida albicans. Jamur ini dapat ditemukan dalam keadaab normal dalam jumlah kecil pada mulut, vagina, saluran pencernaan, dan kulit.

Dalam keadaan sehat, terdapat kuman lain dan sistem pertahanan tubuh yang menjaga berbagai kuman normal tubuh manusia. Bagaimanapun, pada keadaan dimana daya tahan tubuh menurun Kandida akan semakin mudah berkembang dan menyebabkan infeksi pada organ tempat jamur tersebut berkembang secara normal. Faktor-faktor yang memengaruhi antara lain adalah diabetes, kehamilan, kekurangan zat besi, asam folat dan vitamin B12, kemoterapi, stres, serta penggunaan steroid jangka panjang.

Berdasarkan lokasi infeksinya, keluhan yang dapat ditimbulkan adalah:

Vagina : gatal, rasa terbakar, pembengkakan, keputihan

Mulut : rasa tidak nyaman, terbakar, perubahan rasa pengecapan, terbentuk lesi putih pada dinding mulut

Saluran pencernaan: mual, nyeri menelan, diare, terbentuk lesi putih pada dinding saluran pencernaan

Kulit : gatal, timbul lesi kulit khas

Apa yang terjadi pada Anda, kami sarankan untuk dikonsultasikan langsung dengan dokter spesialis kulit dan kelamin agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh, karena pap smear hanya pemeriksaan penunjang saja, untuk mendiagnosa suatu penyakit dibutuhkan pemeriksaan fisik secara langsung.

0 Komentar

Belum ada komentar