Sukses

Biduran dan Radiotherapi

08 Sep 2017, 13:50 WIB
Wanita, 50 tahun.

Sy mau tanya dokter, 2 bln yg lalu sy mengantar ibu sy utk pengobatan teroid-nya di RS Hasan Sadikin dg pengobatan tetes nuklir, beberapa minggu kemudian tubuh sy mengalami gatal seperti biduran, hingga saat ini..yg ingin sy tanyakan apa itu pengaruh dr pengobatan nuklir ibu sy padahal sy hanya mengantar yg saat itu kondisi bdn sy krg fit...mhn penjelasannya Terima kasih dokter

Terimakasih telah bertanya mengenai biduran dan radhiotherapi melalui fitur tanya dokter

Biduran istilah medisnya adalah urtikaria. Urtikaria adalah bentuk reaksi vaskuler pada kulit yang ditandai oleh edema dan eritema berbatas tegas (urtika) disertai rasa gatal yang bervariasi seperti, tersengat, rasa terbakar, seperti tertusuk-tusuk. 

Biduran bisa disebabkan oleh macam -macam hal

1. Alergi baik alergi makanan ataupun obat contohnya adalah antibiotik golongan penisilin, aspirin, obat-obatan hormonal, vaksinasi, pil kontrasepsi. Contoh makanan penyebab biduran adalah adalah susu, keju, telur, gandum, ikan, ayam, dll. Zat pewarna, penyedap rasa atau bahan pengawet juga dapat menimbulkan urtikaria.

2. Bisa terjadi terkait reaksi terhadap panas

3. Reaksi terhadap dingin, atau cold urticaria

4. Reaksi akibat tekanan atau disebut urtikaria kontak

5. Gigitan serangga

Reaksi akibat radiotherapy pada kulit lumayan beragam, seperti kehitaman, kesemutan,gatal, kehitaman, rasa terbakar dan lain lain. Beberapa laporan kasus ada yang mengatakan muncul berupa biduran. Meskipun demikian kami rasa butuh evaluasi lebih lanjut terkait kondisi Anda, terutama mengetahui penyebab yang lebih mungkin seperti yang kami sebutkan diataskan. Kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit untuk evaluasi dan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat

 

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan mengenai biduran dan radiotherapi. Semoga membantu

0 Komentar

Belum ada komentar