Sukses

Kepribadian Mudah Mengamuk

08 Sep 2017, 13:50 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok.. saya mau tanya.. setiap saya sakit hati sama ucapan orang ataupun pacar.. saya ingin sekali membanting semua barang.. saya juga sangat ingin melukai diri saya sendiri.. setelah lama baru saya merasa menyesal.. jika saya tidak melakukannya saya merasa kepala saya mau meledak nafas saya seperti sesak.. saya sangat mudah menangis.. tapi saya tidak pernah sedikitpun ingin menyakiti orang lain.. saya hanya ingin menyakiti diri sendiri.. lalu apa yang harus saya lakukan agar saya menjadi lebih tenang? Atau apa ad obat yang bsa menahan emosi saya.. terimakasih

Terima kasih sudah bertanya mengenai mudah mengamuk melalui fitur Tanya Dokter

Apakah hal ini sudah dari dulu Anda rasakan? Apakah pikiran demikian sudah Anda rasakan sejak berumur kurang dari 18 tahun atau hanya baru baru saja? Bila sudah berlangsung sejak usia 18 tahun, maka ada kemungkinan kepribadian Anda memiliki ciri kepribadian borderline. 

Sebelumnya saya ingin menjelaskan kepada anda terkait dengan definisi dari BPD atau Borderline Personality Disorder, gangguan kepribadian jenis ini dikatakan borderline atau ambang dikarenakan berada pada dua gangguan jiwa yaitu neurosis dan schizophrenia. Pada gangguan kepribadian ini biasanya penderitanya mengalami perubahan suasana hati yang ekstrim, sikap dan perilaku kepada orang lain juga dapat berubah seperti perubahan suasana hati yang dialami. Hal ini membuat pasien menjadi impulsive terhadap tindakannya. 

Gangguan ini yang memang mengakibatkan para penderitanya sulit untuk mempunyai hubungan yang intens dengan seseorang. Meskipun para penderitanya memiliki minat yang tinggi terhadap hubungan interpersonal namun rawan atau memiliki kecenderungan yang tinggi terhadap kekecewaan.

Bila keluhan ini baru muncul sejak waktu yang belum lama, atau berkaitan dengan masalah tertentu, maka mungkin ada masalah adaptasi Anda terhadap stressor tersebut. Butuh penggalian mendalam tentang apa yang Anda alami. Kami menyarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kejiwaan supaya dapat menilai secara utuh kondisi psikit Anda. Anda bisa bercerita banyak dan bisa mendapatkan terapi psikis yang sesuai bila memang dibutuhkan

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai mudah mengamuk, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar