Sukses

Payudara Nyeri

08 Sep 2017, 11:01 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok, saya mau tanya ,dulu saya pernah jatuh dan payudara kiri saya terbentur tetapi saya tahan dengan tangan kiri, lumayan sangat kencang, tetapi beberapa minggu ini payudara dara saya yg kiri terasa sakit. Saya takut dok apakah ini berbahaya, saya selalu memeriksa payudara dara saya setiap hari dan alhamdulilah tidak ada benjolan , tetapi nyeri nya ini sering terasa ,saya selalu mencoba untuk memijit payudara saya dengan cara mamuntar2 dengan telapak tangan. Apakah ini berbahaya dok, mohon jawaban nya agar saya tidak terlalu parno dan ketakutan, jujur saya sangat takut dok.

Terima kasih telah bertanya tentang Payudara Nyeri Setelah Terbentur menggunakan Fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Nyeri pada payudara dapat disebabkan berbagai hal. Sudah berapa lama sejak payudara Anda terbentur hingga rasa nyeri yang dirasakan? Apakah nyeri dirasakan terus menerus atau hanya dalam kondisi atau posisi tertentu?

Nyeri payudara dapat disebabkan oleh berbagai penyebab, mulai dari infeksi atau ada sumbatan kelenjar. Jika nyeri payudara disertai dengan kemerahan, nyeri, panas saat teraba bisa jadi hal ini diakibatkan infeksi payudara, yang dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah mastitis. Gejala-gejalanya yaitu payudara memerah dan terasa sakit jika disentuh disertai dengan keluarnya nanah dan darah dari puting payudara. Infeksi pada payudara biasanya terjadi pada payudara wanita yang telah menyusui, namun tidak menyingkirkan kemungkinan untuk timbulnya infeksi payudara pada wanita yang tidak menyusui. Infeksi payudara ini dapat terjadi akibat adanya luka pada payudara yang terinfeksi ataupun akibat adanya perluasan infeksi dari daerah sekitarnya (misal akibat hidradenitis supuratifa dari ketiak).

Wanita yang belum menyusui yang mengalami mastitis sebaiknya perlu menjalani pemeriksaan mammogram atau biopsi payudara. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi dini adanya kanker payudara, karena kanker payudara dapat memberikan gejala yang menyerupai mastitis (antara lain keluarnya nanah dan darah dari putting payudara).

Demikian informasi tentang Payudara Nyeri yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar