Sukses

Cabut Gigi Susu Yang Belum Goyang

08 Sep 2017, 10:27 WIB
Pria, 26 tahun.

Dok,saya punya keponakan usia 6th,gigi susunya yg bagian bawah sebelah kanan sudah goyah dan sudah mulai tumbuh gigi permanen. Saya bawa ke puskesmas dan sudah dicabut. Tapi gigi susu yg disebelahnya (sebelah kirinya) juga ikut dicabut,padahal belum goyah dan belum tumbuh gigi permanen.ketika saya tanya kenapa yg satu lagi dicabut,dokter tersebut menjawab, karena gigi permanennya sudah tumbuh. Padahal yg sudah tumbuh itu gigi yg goyah. ini bagaimana dok,apa gigi keponakan saya masih bisa tumbuh?

Terimakasih telah bertanya tentang cabut gigi susu yang belum goyang melalui fitur Tanya Dokter.

Normalnya gigi susu memang pasti akan goyang bila sudah waktunya untuk digantikan oleh gigi permanennya. Tapi pada beberapa kasus memang tidak goyang, sedangkan gigi tetapnya langsung tumbuh biasanya dibelakang gigi susu disebut persistensi. Untuk gigi depan atas dan bawah kisarannya sekitar usia 6 tahun namun umumnya batas toleransi +/- 1 tahun. Ada anak yang 5 tahun sudah tumbuh gigi pengganti namun ada juga yang baru tumbuh setelah usia 7 tahun. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya faktor gizi anak atau kehilangan gigi susu terlalu dini.

Dokter gigi mengambil keputusan tersebut karena melihat gigi susu sebelahnya yang goyah, karena biasanya gigi tetap tumbuhnya berbarengan. Jika ternyata di kemudian hari gigi tetap tidak kunjung tumbuh ke permukaan maka bisa melakukan rontgen foto untuk melihat keadaan didalam gusi dan tulang. 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai cabut gigi susu yang belum goyang, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar