Sukses

Bau TIdak Sedap Saat Nifas

08 Sep 2017, 07:54 WIB
Wanita, 25 tahun.

dok.. saya masih keadaan nifas.. kok daerah V saya baunya gk sedap y.. apa normal kah.. atau bahaya ? makasih dok

Terima kasih sudah bertanya mengenai bau tidak sedap saat nifas melalui fitur Tanya Dokter

Pasca melahirkan sejumlah perubahan terjadi di tubuh untuk mengembalikan tubuh pada kondisi sebelum terjadinya kehamilan.

  • Uterus (rahim) akan mulai mengecil. Kurang lebih dalam 2 minggu uterus akan kembali pada kondisi semula, yaitu tidak bia diraba. Dinding rahim akan kembali seperti semula kecuali area tempat menempelnya plasenta
  • Sejumlah darah akan keluar. Pasca melahirkan (lokia) akan keluar dan perlahan lahan berkurang. Awalnya lokia akan berwarna darah karena mengandung sisa darah bekas melahirkan. Durasi lokia merah ini berbeda beda setiap orang. Secara berangsur-angsur lokia mulai kecoklatan dengan jumlah yang menjadi lebih sedikit dan konsistensi lebih encer. Pada akhirnya berubah menjadi warna kuning. Kurang lebih proses ini akan berlangsung selama 6-7 minggu.
  • Serviks dan vagina juga mengalami regresi
    Jumlah dan warna lokia bisa berbeda beda setiap orang. Sebagian orang bisa mengalami lokia lebih dari 6 minggu. Seseorang bisa saja mengalami lokia lebih lama karena lepasnya penutup luka pada bekas plasenta.

Bau tidak sedap bisa berkaitan dengan penumpukan darah akibat kebiasaan mengganti pembalut terlalu lah. Namub berhati-hetilah, apabila lokia berbau tidak biasa, demam, dan rahim tetap teraba maka mungkin terjadi infeksi. Bagaimana pada Anda? Adakah keluhan lainnya?Saya menyarankan Anda untuk memeriksakan diri pada dokter spesialis kebidanan dan kandungan

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar bau tidak sedap saat nifas. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar