Sukses

Naik Betis

08 Sep 2017, 07:53 WIB
Wanita, 16 tahun.

Malam dok saya mau nanyak apakah ada penyakit yg serius jika sering mengalami keram betis saat pagi? Fast respont dok

Terima kasih telah bertanya mengenai naik betis melalui fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Naik betis sebetulnya adalah fenomena keramnya otot betis. Keram ini bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor terutama dehidrasi dan kekurangan kalsium atau hipokalsemia. Hipokalsemia bisa disebabkan oleh aktivitas yang berlebih ataupun, dalam kondisi yang lebih jarang, penyakit tertentu di tubuh. Kasus keram otot merupakan hal yang sering terjadi dan penanganan yang tepat harus diberikan karena gejala yang ditimbulkan sangat tidak nyaman.

Hal yang bisa Anda lakukan adalah

1. Memperbaiki posisi otot, dalam hal ini kaki diluruskan

2. Meminta bantuan orang lain lebih baik buat Anda

3. Menggerakkan otot yang keram ke arah yang berlawanan dengan arah kontraksi. Bila kontraksi betis mengakibatkan telapak kaki tertarik ke arah telapak, maka Anda bisa meminta bantuan untuk membantu menekan telapak kaki ke arah punggung kaki

4. Kembalikan cairan dan elektrolit, boleh saja Anda mengkonsumsi oralit dan buah-buahan

Untuk menghindari keram pada betis, Anda dapat mencoba untuk olahraga teratur, dan menjaga hidrasi saat berolahraga, lakukan peregangan otot sebelum berolahraga, jangan terlalu lama berdiri atau usahakan selalu melakukan aktivitas (berjalan atau menggerakkan kaki) setelah berdiri atau duduk lama, dan konsumsi makanan yang mengandung kalsium dan potassium (susu dan pisang).

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai naik betis, semoga informasi ini bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar