Sukses

Seputar Gangguan Bipolar

08 Sep 2017, 05:14 WIB
Wanita, 16 tahun.

Dok, saya mau tanya... saya sering merasakan Down atau sedih berlebihan seperti depresi yang bener bener sampe ngedown. Saya seperti ingin pergi dari lingkungan yang saat ini, namun setelah itu saya kembali normal lagi atau bahkan seperti merasa senang. Saya tidak percaya dengan lingkungan saya, dan bahkan sama diri sendiri. Apa itu bipolar?

Terimakasih telah bertanya tentang gangguan bipolar melalui fitur Tanya Dokter.

Yang Anda alami memang bisa disebabkan oleh gangguan bipolar.

Gangguan bipolar menyebabkan perubahan suasana hati (mood) yang sangat cepat dan ekstrem, sehingga seseorang dapat sangat bergairah (mania/hipomania) dan tidak bergairah (depresi). Ketika episode depresi muncul, seseorang akan merasa sedih, tidak berpengharapan, serta kehilangan ketertarikan terhadap berbagai aktivitas. Sedangkan saat episode manik muncul, seseorang akan mengalami euforia dan sangat berenergi, sehingga berbagai ide muncul. Perubahan suasana hati ini dapat terjadi beberapa kali dalam setahun hingga beberapa kali dalam seminggu.

Ada beberapa hal yang dapat memicu gangguan ini muncul untuk pertama kalinya, yaitu:

  • Memiliki saudara kandung/orangtua dengan gangguan bipolar
  • Mengalami periode stress yang tinggi
  • Penggunaan obat-obatan terlarang maupun alkohol yang berlebihan
  • Perubahan dalam hidup yang signifikan, seperti kematian orang yang disayangi/berpengaruh dan pengalaman traumatik lainnya.

Gangguan bipolar merupakan kondisi yang tidak bisa sembuh namun dapat dikendalikan dengan pola pengobatan yang terencana baik. Sebagian besar kasus bipolar dapat diatasi dengan obat-obatan dan konseling psikologis (psikoterapi).

Pengobatan ini harus diawasi oleh psikiater yang berpengalaman dalam menangani gangguan bipolar. Jenis dan dosis obat-obatan yang digunakan harus dikonsultasikan dengan psikiater. Pemilihan obat yang tepat untuk Anda ada awalnya akan bersifat trial and error. Sebab kecocokan terhadap obat tertentu sangat individual. Dan prosesnya membutuhkan kesabaran sebab agar obat tersebut memberikan efek yang signifikan membutuhkan waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan.

Obat-obatan yang digunakan memang ditujukan untuk jangka panjang, relatif aman namun tetap ada efek sampingnya. Namun, efek samping ini akan membaik bila telah ditemukan obat dan dosis yang tepat untuk Anda. Tubuh Anda akan menyesuaikan dengan obat-obatan ini.

Seperti yang sudah dikatakan tadi, terapi obat-obatan harus dibarengi dengan psikoterapi dengan psikiater yang terlatih. Terapi ini akan sangat membantu agar tercapai pengendalian mood yang optimal. Satu syarat yang diperlukan agar psikoterapi berhasil adalah harus jujur dengan kondisi Anda dan segala hal yang mempengaruhinya. Ini akan sangat membantu proses pengendaliannya.

Selain kedua terapi tersebut, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghentikan siklus yang memperburuk gangguan bipolar Anda, yaitu:

  • Berhenti merokok/menggunakan narkoba
  • Hindari hubungan interpersonal yang tidak sehat
  • Lakukan aktivitas fisik dan olahraga secara rutin
  • Miliki jam tidur yang cukup

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar gangguan bipolar. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar