Sukses

Kehamilan Trimester Ketiga
07 Sep 2017, 18:20 WIB
Pria, 30 tahun.

Sy saat ini usia 30 tahun & sedang hamil. Hari pertama haid terakhir saya 23 DES 2016. Kondisi kehamilan selama ini baik2 saja, awal hamil hanya mual tidak pernah muntah, tidak pernah ngeflek. Menurut hitungan sy, pada 4 Aug 2017 lalu usia kandungan sy seharusnya sudah 32 minggu. Tapi waktu itu (4 Aug) dokter bilang baru 7 bulanan, diameter kepala janin 7.5cm, berat bayi sekitar 1.4kg, kondisi normal, detak jantung bagus, perkiraan lahir Akhir Sep 2017. BB saya sendiri sudah naik 9 kg waktu itu. Yg mau sy tanya : 1. Berapa usia kandungan saya yang betul saat itu (4 Aug)? 2. Berapa BB dan diameter kepala janin yg normal? Kalo hitungan sy betul sudah 8 bulan saat itu, apakah tidak terlalu kecil janin saya? Karena semua orang bilang perut sy kecil. 3. Bolehkah sy menyetir mobil? Selama ini sih tidak ada keluhan selama hamil. 4. Bolehkah ibu hamil makan buah anggur, strawberry, bawang daun? Kan makanan tersebut tidak dikupas kulitnya & mentah?? 5. Keponakan sy baru diketahui hari ini terkena Gabak, sedangkan sy terakhir bertemu dia 2-3 hari yang lalu meskipun tidak terlalu dekat berinteraksi. Mungkinkan janin dalam kandungan terinfeksi TORCH (terutama Rubella / campak) sedangkan sang ibu tidak menunjukkan gejala terkena penyakit itu sama sekali?? Berapa lama sesudah gejala Gabak sembuh sampai dia tidak beresiko menulari orang lagi?? Terima kasih

Terima kasih telah bertanya seputar kehamilan trimester terakhir melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Mohon maaf atas keterlambatan jawaban kami.

1. Berapa usia kandungan saya yang betul saat itu (4 Aug)?

Perhitungan kehamilan memang dapat dilakukan melalui 2 cara, yaitu melalui perhitungan manual dengan hari pertama haid terakhir (HPHT) dan perhitungan melalui Pemeriksaan USG janin. Perhitungan melalui HPHT hanya dapat dipercaya apabila siklus menstruasi Anda teratur dalam 6 siklus terakhir. Perhitungan HPHT juga umumnya lebih dapat dipercaya pada trimester pertama perkembangan janin dikarenakan pemeriksaan USG yang belum adekuat. Kekurangannya adalah ibu seringkali lupa akan kepastian tanggal hari pertama mengalami haid terakhir sebelum hamil, sehingga perhitungan ini tidak jarang meleset dari usia kehamilan sebenarnya.

Apabila sudah memasuki trimester ketiga. Perhitungan usia kehamilan lebih baik dilakukan melalui pemeriksaan USG. Hal ini dikarenakan pemeriksaan USG pada trimester ketiga sudah lebih baik dan lebih akurat karena ukuran janin yang sudah cukup besar.

Teori di atas pun telah dibuktikan melalui penelitian. Dari penelitian tersebut didapatkan bahwa metode perkiraan usia kehamilan dengan perhitungan hari pertama haid terakhir tidak terlalu dapat diandalkan akurasinya dibandingkan dengan perhitungan dengan pemeriksaan ultrasonografi (USG). Karena itu, dalam hal ini, hasil perkiraan usia kehamilan dengan USG lebih dapat dipercaya. Meski demikian, perlu diingat bahwa hasil tersebut pun memiliki kemungkinan kesalahan (meski tidak terlalu besar), mengingat sifatnya yang operator-dependen (bergantung pada operator/pemeriksa).

2. Berapa BB dan diameter kepala janin yg normal? Kalo hitungan sy betul sudah 8 bulan saat itu, apakah tidak terlalu kecil janin saya? Karena semua orang bilang perut sy kecil.

Berdasarkan pemeriksaan USG, usia janin Anda adalah sekitar 7 bulan. Usia janin 7 bulan atau sekitar 29 minggu, idealnya memliki panjang badan sekitar 37 cm dan berat sekitar 1,1kg - 1,2kg. Untuk ukuran janin Anda saat ini maka ukurannya terbilang dalam batas normal.

Untuk lebih jelasnya Anda dapat membaca artikel di bawah ini:

http://www.klikdokter.com/rubrik/read/2860359/trimester-ketiga

3. Bolehkah sy menyetir mobil? Selama ini sih tidak ada keluhan selama hamil.

Pada prinsipnya, ibu hamil yang sehat dan tidak memiliki resiko komplikasi dapat menyetir mobil dengan aman. Namun di kasus Anda yang sudah memasuki trimester terakhir, sebaiknya menghindari menyetir mobil. Anjuran ini disebabkan oleh jarak perut yang bisa terlalu dekat dengan setir mobil. Jarak aman antara setir mobil dan tubuh ibu hamil adalah minimal sekitar 25cm. Pada ibu trimester ketiga, ditakutkan perut dapat terlalu tertekan apalagi bila ada benturan keras. Selain itu, bila ibu hamil sudah sulit keluar masuk mobil, maka ini merupakan suatu penanda bahwa sudah tidak aman lagi untuk ibu hamil menyetir mobil.

Selain itu, ibu hamil juga harus tetap menggunakan sabuk pengaman. Posisi sabuk pengaman bagian atas dapat ditempatkan seperti biasa di sekitar bahu. Sedangkan sabuk pengaman bagian bawah dapat ditempatkan di bawah perut atau di paha atas, bukan tepat di bagian perut.

4. Bolehkah ibu hamil makan buah anggur, strawberry, bawang daun? Kan makanan tersebut tidak dikupas kulitnya & mentah??

Pada prinsipnya, buah adalah makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil asal proses membersihkan nya baik dan benar. Berikut adalah daftar makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil:

1. Jangan makan daging mentah(sushi) atau yang dimasak kurang matang, karena mengandung Toksoplasmosis sebuah parasit yang dapat menyebabkan infeksi serius pada janin anda dan juga Ecoli yang berbahaya bagi ibu hamil.

2. Toksoplasmosis terdapat pada sayuran yang tidak dicuci dengan baik, oleh karena itu bersihkan sayuran dengan baik, apalagi untuk salad atau lalapan yang di makan mentah. Hindari juga kotoran kucing atau bermain-main dengan kucing karena mengandung toksoplasmosis.

3. Jangan makan daging ayam dan telur yang di masak kurang matang atau mentah, hindari makanan hati ayam atau daging yang mungkin sumber salmonella yang dapat menyebabkan diare yang berat pada ibu hamil. Juga harus di perhatikan piring, alat-alat masakan yang terkena daging ayam mentah ini untuk dicuci.

4. Ikan tuna steak, ikan sea bass, shark, atau ikan-ikan berukuran besar yang diketahui mengandung tingkat mercuri yang tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan saraf jika dimakan dalam jumlah yang besar.
5. Keju lunak seperti brie dan camembert, blueveined, cheese juga keju dari susu kambing dan domba, serta jangan minum susu yang tidak di pasteurisasi. Semua produk ini mempunyai resiko membawa listeria. Listeria tipe bakteri yang mampu menembus plasenta dan menyebabkan infeksi janin. Listeria dapat menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, dan keracunan dalam darah. Sebaiknya hindari makanan jenis ini sampai melahirkan bayi anda.

6. Jangan minum-minuman yang mengandung alkohol karena dapat menyebabkan kelainan perkembangan pada janin dan juga problem emosional pada bayi.

7. Minuman yang mengandung cafein seperti kopi, teh, sebaiknya dihindari atau di batasi karena kopi dapat mempengaruhi berat badan rendah pada bayi, keguguran dan juga bisa mengurangi penyerapan zat besi.

5. Keponakan sy baru diketahui hari ini terkena Gabak, sedangkan sy terakhir bertemu dia 2-3 hari yang lalu meskipun tidak terlalu dekat berinteraksi. Mungkinkan janin dalam kandungan terinfeksi TORCH (terutama Rubella / campak) sedangkan sang ibu tidak menunjukkan gejala terkena penyakit itu sama sekali?? Berapa lama sesudah gejala Gabak sembuh sampai dia tidak beresiko menulari orang lagi?? 

Bagaimana bila saya terlanjur hamil? Jika Anda sudah terlanjur hamil, namun belum melakukan tes kekebalan terhadap Rubella, kami menyarankan untuk segera melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Jika Anda sudah kebal, Anda dapat melanjutkan kehamilan Anda dengan tenang. Namun jika Anda belum kebal, banyak hal yang harus Anda perhatikan.

Pertama, vaksin MMR tidak dapat diberikan jika Anda sedang hamil. Yang dapat Anda lakukan hanya menghindari sedapat mungkin terhadap paparan penyakit ini. Hindari untuk pergi keluar ke tempat-tempat yang Anda tidak dapat pastikan penghuninya tidak terserang virus Rubella. Hindari juga untuk berpergian ke luar negeri dimana di negara tersebut banyak yang terjangkit virus Rubella.

Pastikan anak-anak Anda yang lainnya sudah mendapatkan vaksin Rubella (MMR). Anggota keluarga yang sudah dewasa pun perlu ikut dipastikan bahwa mereka sudah kebal terhadap Rubella, jika tidak, ada kemungkinan bagi mereka untuk memaparkan kepada Anda.

Segeralah minta untuk divaksin setelah melahirkan untuk pencegahan pada kehamilan berikutnya jika Anda belum divaksin. Vaksin ini cukup aman diberikan pada saat menyusui. Namun yang perlu diperhatikan, Anda tidak boleh hamil kembali selama satu bulan (kurang lebih 28 hari) setelah dilakukan vaksin.

Jika paparan virus Rubella terjadi pada empat minggu pertama masa kehamilan pada ibu yang belum kebal, dapat menyebabkan infeksi pada janin yang dinamakan Congenital Rubella Syndrome (CRS). Tanda klasik yang timbul pada janin yang terinfeksi pada masa awal kehamilan adalah katarak, penyakit jantung, tuli dan gejala lainnya. Ini disebabkan pada awal kehamilan terjadi pembentukan organ-organ penting bayi. Faktor yang paling menentukan tingkat kecacatan pada bayi adalah kapan terjadinya paparan infeksi. Jika terjadi pada 3 bulan pertama, 50% janin kemungkinan ikut terinfeksi, namun jika terjadi pada 3 bulan kedua, hanya satu per tiga bayi yang kemungkinan akan ikut terinfeksi.

Mengenai Vaksin Rubella Vaksin Rubella biasanya diberikan pada anak balita dua kali, yaitu pada umur 12-15 bulan dan 4-6 tahun. Namun jika vaksin diberikan diluar waktu rekomendasi vaksin ini pun aman asal jarak antara vaksin pertama dan kedua lebih dari 28 hari. Vaksin Rubella ini sangat aman diberikan pada orang yang sehat. Vaksin ini sangat berguna untuk melindungi terkena Rubella terutama pada saat kehamilan.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai kehamilan trimester terakhir. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat. 

0 Komentar

Belum ada komentar