Sukses

Menyembuhkan Bronkitis

07 Sep 2017, 15:43 WIB
Wanita, 23 tahun.

Malam dok, saya hamni mau bertnya dok, saya sudah sering mengalami batuk dan flu yang jangka waktu lama dan hampir tiap bulan nah minggu lalu saya benar-benar tersiksa dengan batuknya dikarenakan saya merasakan sakit tenggorokan, flu dan demam. Jadi sy putuskan ke dokter nah dokter mengatakan saya amandel parah di karenakan batuk keras, sy juga foto thorax dan hasilnya bronitic. Pertanya 1. saya apakah saya harus berobat ? 2. Apakah pengobatan bronitis itu lama? 3 apakah saya bisa terkena tbc? Mohon jawab pertnya saya dok

Terima kasih telah bertanya tentang pengobatan bronkitis melalui fitur Tanya Dokter.

Bronkitis adalah suatu kondisi yang timbul bila dinding bagian dalam saluran pernapasan utama paru yang terinfeksi dan meradang. Keadaan ini biasanya diikuti dengan infeksi pernapasan seperti demam. Bronkitis terbagi menjadi dua yaitu bronkitis akut dan kronis.

Gejala utama bronkitis adalah timbulnya batuk produktif (berdahak) yang mengeluarkan dahak berwarna putih kekuningan atau hijau. Dalam keadaan normal saluran pernapasan kita memproduksi mukus kira-kira beberapa sendok teh setiap harinya. Apabila saluran pernapasan utama paru (bronkus) meradang, bronkus akan menghasilkan mukus dalam jumlah yang banyak yang akan memicu timbulnya batuk.

Asap rokok dan polutan lain dapat menjadi pemicu atau penyebab bronkitis. Infeksi virus juga dapat menyebabkan bronkitis akut. Jika lebih dari 3 bulan, sudah disebut bronkitis kronik. Penyebab paling utama adalah asap rokok. Jika faktor pemicu ini dihilangkan, dengan sendirinya peradangan pada saluran napas akan baik kembali.

Karena kebanyakan kasus bronkitis disebabkan oleh infeksi virus sehingga kebanyakan berlangsung singkat dan hanya memerlukan pengobatan untuk menurunkan gejala. Beberapa hal yang dapat dilakukan adalah;

Banyak istirahat
Minum banyak
Tingkatkan daya tahan tubuh dengan banyak beristirahat serta makan makanan yang bergizi seimbang, termasuk buah-buahan
Hindari polutan seperti asap, debu, asap rokok
Konsumsi obat batuk yang ada di pasaran
Antibiotik diberikan bila ada kecurigaan bronkitis disebabkan oleh infeksi bakteri. Tanda infeksi bakteri adalah dahak yang dikeluarkan berubah warnanya menjadi kuning kehijauan.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait pengobatan bronkitis. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar