Sukses

Panjang Badan Bayi

07 Sep 2017, 17:13 WIB
Wanita, 26 tahun.

Hallo dok, saya mau tanya Anak saya perempuan usia 22Bulan Bb nya 8.5kg tinggi 70cm Mau tanya kenapa tinggi anak saya ga numbuh ya Liat anak lain seusianya tinggi2 Kira2 apa penyebabnya? Dan solusinya Terimakasih

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai panjang badan bayi melalui fitur Tanya Dokter. 

Untuk anak usia 22 bulan, parameter tinggi badan adalah sebagai berikut: 

Tinggi : > 91,7 cm
Normal : 76,7 - 91,7 cm
Pendek : 73,7 - 76,6 cm
Sangat pendek :< 73,7 cm

Kami sarankan agar Anda mengukur kembali panjang badan anak, bisa saja terjadi kesalahan perhitungan. Namun jika memang terdapat di angka 70 cm Anda tidak perlu khawatir, bayi Anda semakin bertambah usia akan semakin berkembang, perhatikan saja asupan nutrisi yang diberikan kepada anak Anda. Selama anak masih dalam usia pertumbuhan, pertumbuhan tinggi badannya masih sangat memungkinkan untuk distimulasi.

Tiga kunci utama ini merupakan faktor yang sangat berperan menentukan tinggi badan anak:

Nutrisi tepat
Pertumbuhan tubuh, termasuk tinggi badan tidak lepas dari peranan nutrisinya. Untuk mengoptimalkan tinggi badan anak, berikan makanan dan minuman yang penuh kalsium, besi, dan vitamin A.

Kalsium banyak terdapat dalam susu dan produk olahannya. Zat besi banyak terdapat pada daging merah dan hati hewan, sedangkan vitamin A banyak terdapat pada wortel, labu kuning, kentang dan brokoli.

Selain itu, makanan yang tinggi protein juga diperlukan untuk pertumbuhan tulang anak. Berikan bahan makanan yang kaya protein seperti ikan, daging, tempe dan tahu agar ia tumbuh tinggi menjulang.

Olahraga
Agar pertumbuhan tinggi badannya berlangsung optimal, anak juga perlu berolahraga. Berjalan cepat, bersepeda, atau berenang adalah jenis olahraga sederhana yang dapat dilakukan oleh anak dan pastinya menyenangkan.

Lakukan secara teratur. Dengan demikian, pertumbuhan tulangnya akan terstimulasi dan menghindakan anak dari risiko kegemukan.

Tidur cukup
Nutrisi dan stimulasi yang diberikan harus diimbangi dengan tidur malam yang cukup, yaitu 10-12 jam. Saat tidur, tubuh melepaskan hormon yang dapat menstimulasi pertumbuhannya. Semakin lelap anak tidur dan dengan durasi yang cukup, semakin optimal pula kerja hormon ini.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai panjang badan bayi. Semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar