Sukses

Pitak Meluas

07 Sep 2017, 16:20 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok..saya mau bertanya...kenapa di kepalak saya ada pitak(tidak tumbuh sambut)...kemarin pitak itu dikit sekarang udah tambah besar..apakah penyebab itu tidak serasian di sanp..atau itu gejala tipes...tolong dok kasih konsultasi nya..makasi sebelum nya

Terima kasih telah bertanya mengenai kebotakan melingkar melalui fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan.

Kemungkinan kebotakan melingkar yang Anda maksud adalah Alopecia areata. Penyebab kebotakan ada 2 yaitu androgenetic alopecia dan alopecia areata. Androgenic alopesia disebabkan keturunan dengan kebotakan yang memiliki pola menyeluruh dan terjadi secara perlahan-lahan. Umumnya rambut menipis di sisi depan, samping, atau atas. Sementara alopesia areata adalah kebotakan pada area kulit kepala tertentu.

Alopesia areata adalah jenis kebotakan yang paling banyak terjadi pada pria maupun wanita. Alopesia areata dapat menyerang semua usia. Beberapa penyebabnya adalah:

  • Trikotilomania, kondisi dimana seseorang senang mencabut rambutnya sendiri baik dalam keadaan tenang ataupun stress
  • Adanya Infeksi jamur pada kulit kepala yang mengakibatkan tumbuhnya lapisan putih atau adanya bintik bintik hitam di kulit kepala yang merupakan sisa akar rambut
  • Adanya penyakit otoimun, sel darah putih yang menyerang tubuh sendiri, dalam hal ini adalah folikel rambut. Sering pada kasus ini ditemukan bercak kemerahan akibat peradangan, serta bisa ditemukan jaringan parut.

Tidak ada hubungan kondisi Anda dengan tifus. Kondisi akibat iritasi shampo juga bisa saja berpengaruh pada kulit kepala, namun biasanya menimbulkan tampilan lain. Oleh karena itu diperlukan pemeriksaan langsung pada kulit kepala Anda.

Kami sarankan Anda untuk tidak mengkonsumsi obat apapun tanpa resep dan pengawasan Dokter. Silahkan kunjungi Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin untuk diagnosis jenis dan derajat penipisan rambut Anda, dan mendiskusikan pilihan penanganan yang paling sesuai untuk Anda.

Demikian jawaban yang dapat kami sampaikan seputar kebotakan melingkar. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar