Sukses

Nyeri Payudara & Telat Haid, Hamilkah?

07 Sep 2017, 14:25 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok saya sudah telat haid satu minggu PD saya sakit suhu tubuh meningkat dan nyeri pinggang. Apa saya hamil?

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih atas pertanyaan Anda seputar nyeri payudara dan telat haid melalui fitur tanya dokter.

Nyeri pada payudara disebut dengan mastalgia, dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari peradangan payudara, trauma, tumor, dan akibat menstruasi (pengaruh hormonal). Peradangan pada payudara biasanya ditandai oleh warna kemerahan pada payudara, sakit saat disentuh. Trauma disebabkan oleh benturan yang mengenai payudara. Tumor ditandai oleh benjolan pada payudara, yang sebenarnya jarang menimbulkan keluhan nyeri pada awal dari perjalanan penyakit.

Selain gangguan di atas, menstruasi sendiri dapat menyebabkan keluhan nyeri pada payudara. Biasanya wanita pernah mengalami nyeri pada payudara saat periode haid sebelumnya. Nyeri biasanya terjadi pada kedua payudara, dan menghilang setelah haid selesai.

Memang sebaiknya dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung untuk memastikan diagnosis penyakit Anda. Jadi kami sarankan agar berkonsultasi ke dokter untuk pemeriksaan dan terapi lebih lanjut. Untuk rasa sakit di payudara bila sangat nyeri sepertinya harus dilakukan pemeriksaan tubuh dahulu.

Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Bagaimana dengan siklus menstruasi Anda?

Adapun siklus menstruasi tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

-Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama
-Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
-Kegemukan atau indeks massa tubuh (IMT) > 30
-Malnutrisi (kurang gizi)
-Stres psikologis
-Atlet
-Kekurangan vitamin K
-Penggunaan obat-obatan tertentu
-Kelainan pembekuan darah
-Gangguan hormon tiroid


Selain gangguan hormonal, dapat juga terjadi gangguan organ kandungan. Untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan USG kandungan. Sekaligus untuk mengetahui apakah Anda hamil atau tidak.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar