Sukses

Haid Tidak Teratur Karena KB Implan

07 Sep 2017, 14:24 WIB
Wanita, 21 tahun.

Assalamu'alaikum dok saya mau tanya nih, saya setelah melahirkan belum memakai kb,, sejak usia anak saya 3 bulan saya baru memutuskan untuk memakai kb implan/susuk,, tetapi setelah saya memakai nya sebulan saya sempat datang bulan namun setelah bulan berikutnya sampai anak saya usia setahun saya baru datang bulan lagi,,, tetapi datang bulan yg setelah melahirkan dan sebelumnya berbeda dok,, yg biasanya cuma datang bulan sebulan sekali sekarang malah bisa 2 sampai 3 kali dalam sebulan.. menurut dokter normal gak sih???

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah bertanya seputar haid tidak teratur karena KB melalui fitur tanya dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Salah satu efek samping dari penggunaan KB Implan (AKBK = Alat Kontrasepsi Bawah Kulit) memang gangguan menstruasi/haid berupa haid tidak teratur atau bahkan tidak keluarnya haid sama sekali. Hal ini terjadi karena efek hormon yang dilepaskan oleh kapsul implan dan biasanya terjadi pada 6% akseptor KB jenis ini. Biasanya efek samping ini terutama ditemukan pada 3 - 6 bulan pertama penggunaan.


Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar