Sukses

Efek Samping Vaksin MR

07 Sep 2017, 13:35 WIB
Pria, 35 tahun.

Mau tanya dok anak sy hari snin d suntik rubella malemnya Demam, dikasih penurun panas, demamnya turun, tapi kalau tidur gelisah, di Telapak kaki ada seperti otot biru, berkeringat di kepala, mohon penjelasannya dok!

Terima kasih telah bertanya seputar efek samping vaksin MR melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Mohon maaf atas keterlambatan jawaban kami. Saat ini pemerintah sedang mengkampanyekan imunisasi Campak Rubella atau MR. Kampanye ini untuk meningkatkan cakupan dari campak, dan mencegah munculnya cmapak, rubella, dan penyakit rubella kongenital yang terjadi bila seorang wanita mengalami infeksi selama kehamilan. Kampanye ini ditujukan untuk setiap anak berusia 9 bulan hingga 15 tahun, tanpa melihat status imunisasi maupun riwayat penyakit campak dan rubella sebelumnya.

Penyakit campak atau morbili, atau measles merupakan penyakit yang sangat menular, ditularkan melalui virus. Campak bisa diikuti dengan komplikasi pneumonia, diare, peradangan pada otak bahkan kematian. Campak ditandai dengan adanya demam yang diikuti dengan muncul ruam kemerahan pada kulit di sekitar tangan dan dada. Sedangkan rubella atau campak jerman, merupakan penyakit yang ditularkan oleh virus yang juga memiliki gejala yang sama, dan biasanya disertai pembesaran kelenjar getah bening dibagian leher. Kedua penyakit ini bisa dicegah dengan imunisasi.

Vaksin MR ini memiliki efek samping yang paling sering terjadi adalah demam dan ruam. Demam yang terjadi pada anak anda bisa karena Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) , namun bisa juga disebabkan oleh yang lain. Kami menyarankan Anda membawa anak Anak ke dokter anak untuk diperiksa ulang bila demam terus berlanjut.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai efek samping vaksin MR. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar