Sukses

Pertanyaan Seputar Mimisan

07 Sep 2017, 12:40 WIB
Wanita, 16 tahun.

sejak SD saya sering mimisan. dulu kalau hidung terbentur pasti berdarah. dan kalau panas panasan kepala pusing lalu mimisan. sekarang saya kelas 2SMA。masih sering mimisan kalau kecapean,pusing. dan jika bersin terlalu keras pasti mimisan. terkadang tidak kenapa kenapa tiba tiba mimisan keluar. tubuh saya jadi sering lemah.bahkan dalam sebulan ini saya demam nya kambuh kambuh terus. mata saya juga jadi kehitaman(mata panda), saya juga sering pitam, kalau mau bangkit dari berbaring pasti rasanya pusing kepala. saya tidak pernah kecelakaan parah, tidak pengguna napza atau obat obatan berlebih. setelah cek di internet, dominan ke penyakit leukimia(kanker darah). apa benar dok?kalau memang bukan penyakit parah, kenapa dari kecil sampai sekarang masih sering minisan?gimana dok itu gejala dari apa? tolong dijawab ya dok.terimakasih

Terima kasih telah bertanya mengenai mimisan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Mimisan atau yang dikenal sebagai epistaksis dalam bahasa kedokteran adalah perdarahan dari hidung akibat pecahnya pembuluh darah di dalam hidung yang sering ditemukan sehari-hari, dan hampir sebagian besar dapat berhenti sendiri.

Berbagai penyebab mimisan dibagi menjadi 2 bagian besar yaitu lokal dan sistemik.

Penyebab lokal yang tersering adalah trauma, infeksi, tumor ganas dan kelainan bawaan.
Penyebab sitemik, seperti penyakit jantung, kelainan darah, infeksi, perubahan tekanan atmosfer dan gangguan endokrin.
Namun sulit bagi kami untuk menjawab secara pasti apa penyebab pasti mimisan Anda. Kami sarankan untuk mengunjungi dokter umum atau spesialis THT untuk dilakukan pemeriksaan yang lebih komprehensif.

Sementara itu, bila terjadi mimisan makan dapat dilakukan hal-hal berikut ini:

Memencet hidung selama 5-30 menit tanpa interupsi agar perdarahan terkontrol, biasanya 5-10 menit sudah cukup.
Duduk dengan posisi sedikit condong maju ke depan (supaya darah dan sekresi lainnya tidak masuk ke tenggorok)

Jika dalam 30 menit mimisan tidak juga berhenti, atau jika memiliki riwayat mimisan sering berulang, kami menyarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan evaluasi lebih lanjut dan penanganan yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai mimisan, semoga bermanfaat. Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar