Sukses

Sesak Nafas Dan Bengkak Saat Hamil Tua

07 Sep 2017, 11:55 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok, saya ini hamil sudah 8bulan. Saya suka sesak nafas saat tidur dan badan saya sudah beberapa hari ini bengkak.. Tolong sarannya dok

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah bertanya tentang Sesak Nafas Dan Bengkak Saat Hamil Tua melalui fitur Tanya Dokter

Sebetulnya, rasa sesak napas dirasakan pada 60 – 70% ibu hamil, dan hal ini merupakan keadaan yang fisiologis atau normal. Umumnya gejala sesak napas ini mulai muncul pada triwulan pertama atau kedua. Frekuensi sesak napas meningkat pada triwulan kedua dan menjadi stabil pada triwulan ketiga.

Mekanisme sesak napas pada kehamilan yang normal ini belum jelas. Kemungkinan berhubungan dengan hiperventilasi yang diinduksi oleh progesteron, karena adanya peningkatan ventilasi melebihi tingkat yang diperlukan untuk mengatasi kebutuhan metabolik yang meningkat.

Namun, tetap perlu disingkirkan sesak napas yang disebabkan oleh gangguan pada organ tubuh, seperti jantung dan paru. Adanya kelainan ini dapat disingkirkan dengan informasi tambahan berupa adanya tanda-tanda atau gejala lain serta pemeriksaan fisik (seperti mendengarkan suara paru atau bunyi jantung). Selain itu sesak juga dapat disebabkan karena maag.

Rasa sesak napas dapat muncul pada saat maag bisa disebabkan karena dua hal:

1. Gas yang terkumpul di dalam lambung menyebabkan penekanan lambung ke diafragma yang membatasi rongga perut dan rongga dada,

2. Saat bernapas dalam, diafragma menekan lambung yang teriritasi, sehingga rasa sakit yang ditimbulkan membuat napas sedikit tertahan (dangkal).

Untuk mengatasi rasa sesak napas yang ditumbulkan oleh keadaan maag ini tentunya perlu ditangani maagnya dengan pemberiaan obat-obat maag.Selain itu, Anda juga perlu menjaga agar lambung tidak berada dalam keadaan kosong, makanlah sedikit-sedikit namun sering, sehingga maag dapat dicegah.

Pada perempuan yang hamil, kaki bengkak memang sering menjadi muncul pada akhir trimester kedua atau awal trimester tiga. Sekitar 75% perempuan hamil mengalami keluhan ini, dari derajat ringan hingga berat. Keluhan kaki bengkak biasanya terjadi di sekitar pergelangan kaki dan telapak kaki. Bengkak dapat memburuk saat cuaca panas atau ketika mencapai penghujung hari, khususnya bila Anda sepanjang hari banyak berdiri atau duduk. Penyebab kaki bengkak saat hamil pada umumnya karena peningkatan cairan tubuh, baik peningkatan volume darah maupun cairan antar sel. Pembengkakan derajat ringan yang hanya terjadi di kaki dan membaik dengan istirahat, tidak perlu Anda khawatirkan. Gejala ini masih dapat dianggap normal.

Meskipun bagian paling bawah dari tubuh adalah bagian yang paling sering terkena pembengkakan akibat retensi air ini, akan tetapi tidak tertutup kemungkinan terjadi pembengkakan di daerah tangan bahkan muka. Pada kasus-kasus dengan derajat pembengkakan yang berat seperti ini, berkonsultasilah dengan dokter Anda untuk menyingkirkan kemungkinan penyebab selain retensi cairan, misalnya peningkatan kadar protein darah. Apabila pembengkakan yang Anda alami tiap hari makin memburuk dan tidak membaik setelah melakukan tips-tips di bawah ini, segeralah temui dokter Anda untuk menyingkirkan dugaan preeklampsia atau hipertensi dalam kehamilan.

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter Anda untuk memastikan kesehatan kondisi Anda karena di perlukan wawancara medis dan pemeriksaan secara langsung, jika dibutuhkan pemeriksaan laboratorium.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan seputar Sesak Nafas Dan Bengkak Saat Hamil Tua. Semoga membantu.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar