Sukses

Belum Mimpi Basah, Belum Pubertas?

07 Sep 2017, 12:43 WIB
Pria, 14 tahun.

Dok saya laki laki berusia hampir 14...tapi kok saya belum puber ya????...sy bingung nih minta sarannya dong Dok....temen saya juga mau tanya,,,apa onani itu berpengaruh pada pubertas???....tolong jawabannya dok makasi

Terima kasih sudah bertanya mengenai pubertas laki laki melalui fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda.

Atas dasar apa Anda mengatakan bahwa Anda belum mengalami puber? Karena belum mimpi basah? Tenang saja, patokan seorang laki laki mengalami pubertas bukanlah mimpi basah. Seorang laki laki akan mulai mengalami puber di usia 9-10 tahun, di mulai dengan pembesaran buah zakar. Sulit untuk mengetahui kondisi tersebut bila Anda tidak pernah meraba sebelumnya. Akan tetapi alat yang dimiliki dokter bisa membantu. Setelah itu, pubertas akan diikuti dengan adanya pertumbuhan alat kelamin, jadi penis semakin memanjang, kemudian tumbuhnya bulu-bulu baik di pubis, ketiak ataupun kumis. Kemudian diikuti dengan pertumbuhan tinggi yang signifikan. Jadi, hal yang tidak tepat jika mengatakan seorang laki laki usia 14 tahun belum pubertas hanya karena belum mengalami mimpi basah. Tentu, kebiasaan sering onani akan membuat sperma akan sering dikeluarkan, melalui mekanisme yang tidak bisa dijelaskan, mengakibatkan mimpi basah menjadi jarang. 

Bila Anda belum tumbuh bulu/rambut, kemudian buah zakar masih kecil, penis masih kecil, maka itu perlu jadi perhatian. Anda bisa memeriksakan diri pada dokter spesialis Anak. 

Demikian jawaban kami mengenai pubertas laki laki. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar