Sukses

Pemeriksaan HIV

06 Sep 2017, 19:13 WIB
Pria, 28 tahun.

Salam dok aku mao tanya lagi 1 hal lagi Apakah aku terkena Gejala hiv gx jika urine ditest ada bakteri positif GEjala hiv aku tidak ada rasakan seperti ruam,demam diare ,,atau apapun memang awal DOkter bilang q kena gejala go, q ada mencret karena tidak ada pemasukan makanan aku kebanyakan minum air putih dan buang air besar mencret tapi hanya 2 hari siap itu memang q ada sesak napas karena q merokok kuat cuma hnya malam saja itu pun uda tidak sesak apalagi q pnya penyakit asma demam aku tidak rasakan sampai aku beli termometer suhu qku 36.5 aq tidak merasakan sariawan cuma hanya kencing aku kayak anyangan dan tidak tuntas dan tidak keluar nanh memang aku tahan air kencing pada saat itu dan pass beberapa ari aku rasakan kencing q tidak normal seperti kencing tidak tuntas,, mohon saran dok apakah aku arus test darah hiv cuma di lab test darah hiv butuh saran dokter apakah tanya saran dokter kita bisa ambil apakah urine dalam hasil lab ada bakteri positif kelak bisa jadi penyakit hiv atau tidak dok apakah aku masi bisa melakukan hubungan seksual atau tidak bole lagi

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah bertanya tentang Pemeriksaan HIV menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda. Bakteri pada urin positif belum tentu menandakan terinfeksi HIV. Untuk memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan khusus HIV/AIDS.

Pemeriksaan laboratorium yang dapat dilakukan untuk memeriksa HIV/AIDS adalah :

  • Antibodi terhadap HIV (bisa dilakukan dengan cara rapid test, ELISA, atau western blot)
  • CD4 (untuk mengetahui jumlah sel yang menjaga kekebalan tubuh, biasanya dipakai untuk mengevaluasi pengobatan)
  • Viral load (biasanya juga dipakai untuk evaluasi pengobatan)

Jika hasil tes positif, akan dikonfirmasi ulang hingga tiga kali. Namun jika tes negatif, dapat diulang 3 bulan kemudian, terlebih jika ada gejala yang mencurigakan, karena kemungkinan pasien sedang berada dalam periode jendela. Periode jendela adalah keadaan di mana sebenarnya seseorang sudah terjangkit HIV, tapi belum timbul antibodi dalam tubuhnya.

Kami sarankan agar Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter untuk evaluasi keluhan dan gejala yang terdapat pada diri Anda sebelum melakukan pemeriksaan laboratorium tersebut. Jika Anda seseorang yang aktif melakukan seks bebas, terlebih tanpa pengaman, kemungkinan Anda terinfeksi HIV/AIDS menjadi lebih besar.

Demikian informasi ini kami sampaikan Pemeriksaan HIV, semoga bermanfaat.

Salam,

 

4 Komentar

  • yulmasafhira

    bagaimana saya harus menindak lanjutinnya dok, karena saya tidak ingin saya dan keluarga saya terjangkit oleh penyakit hiv..

  • yulmasafhira

    bagaimana saya harus menindak lanjutinnya dok, karena saya tidak ingin saya dan keluarga saya terjangkit oleh penyakit hiv..

  • yulmasafhira

    bagaimana saya harus menindak lanjutinnya dok, karena saya tidak ingin saya dan keluarga saya terjangkit oleh penyakit hiv..