Sukses

Hidung Mampet dan Merokok

07 Sep 2017, 06:27 WIB
Pria, 21 tahun.

Saya ingin bertanya dok, mengapa hidung saya setiap bernafas seperti tertutup sesuatu seperti dahak yah ?? apakah karena saya perokok aktif ?? Terima Kasih Dok. :)

Terima kasih telahbertanya mengenai hidung mampet melalui fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Penyebab hidung mampet, ada banyak sekali, bisa dari alergi, atau infeksi. Apakah hidung mampet hanya sebelah atau kedua-duanya. Proses peradangan akan mengakibatkan pembengkakan bagian dalam rongga hidung sehingga mengakibatkan kondisi aliran udara yang terganggu. Proses peradangan bisa disebabkan oleh infeksi ataupun alergi. Jika keluhan hidung disebabkan karena infeksi, maka umumnya disertai lendir berwarna kehijauan dan kental, tidak menutup kemungkinan berwarna coklat. Namun jika disebabkan oleh reaksi alergi umumnya sekretnya cair. Bisa juga keluhan sering pilek disebabkan karena gangguan struktur pada hidung seperti septum deviasi atau tulang hidung yang miring. Pada pilek akibat alergi (rhinitis alergi), pilek terutama dipicu oleh hal-hal yang membuat kita alergi. 

Disamping proses peradangan, masalah strukturan juga bisa menghambat aliran udara. Misalnya seseorang yang lahir, atau pasca kecelakaan dimana dinding pembatas rongga hidung menjadi bergeser. Kondisi lain seperti keberadaan polip juga bisa menyebabkan hal yang sama. 

Merokok bisa saja mempengaruhi kondisi Anda saat ini karena asap rokok akan merusak permukaan selaput lendir hidung dan mengganggu aliran drainase sinus. 
Kami sarankan agar Anda dapat kontrol ke dokter atau dokter spesialis THT untuk pemeriksaan terlebih dahulu mengamati isi dalam rongga hidung. Penanganan akan diberikan sesuai dengan kemungkinan masalah yang ditemukan. Mengurangi merokok juga termasuk hal yang kami sarankan.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai hidung mampet Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar