Sukses

Mata Perih Saat Menggunakan Softlens

07 Sep 2017, 06:27 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok, nama saya ayu .. Saya mau tanya dok Kenapa setiap kali saya pake softlens, mata saya terasa perih dan setiap kali saya melepaskan softlens dari mata saya , saya selalu mengeluarkan air mata .. Sebab terasa perih sekali. Terima kasih

Terima kasih telah bertanya seputar mata perih saat menggunakan softlens menggunakan fitur Tanya Dokter.

Bagi mata, softlens adalah benda asing. Keberadaan softlens bisa merangsang peradangan bila mengakibatkan iritasi. Iritasi bisa terjadi karena bahan softlens itu sendiri ataupun cara pemakaian yang salah . Disamping itu, penggunaan softlens dapat menyebabkan infeksi pada mata, misalnya konjungtivitis (infeksi pada selaput tipis yang menyelubungi mata luar), keratitis (infeksi pada kornea mata), dan bahkan dapat menyebabkan infeksi pada seluruh bola mata. Hal ini dapat terjadi bila higiene pada saat penggunaan softlens atau cairan softlens tidak baik.

Selain itu pemakaian softlens dapat mengkondisikan mata menjadi kering. Dalam kondisi mata kering, umumnya mata akan berkedip guna melembabkan dan menghasilkan air mata untuk menjaga kelembaban mata. Kemungkinan kondisi yang Anda alami diakibatkan oleh mata yang cepat kering (dapat karena lama berada di ruangan ber-AC) sehingga mata menjadi perih dan merah.

Kami sarankan Anda, untuk memperhatikan cara pemakaian yang lebih baik. Bila sulit, dan memang sebetulnya tidak membutuhkan softlens, maka kacamata lebih nyaman buat Anda. Bila kemerahan berlanjut kami sarankan untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis mata untuk evaluasi penyebab. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai mata perih saat menggunakan softlens, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar