Sukses

Keluar Gumpalan Darah, Haid Atau Keguguran ?

06 Sep 2017, 20:48 WIB
Wanita, 23 tahun.

Selamat malam dok Saya mau tanya Saya baru menikah tgl 1 juli 2017 kemarin Dan d bulan agustus saya mengalami telat haid Terus saya nyuruh suami say beli tespek Dan keesokan harinya saya tes dan hasilnya positif Dan kemarin pada tgl 2 sept saya mengalami pendarahan tp darah yang keluar itu berupa gumpalan Sampe saat ini ini pun masih keluar tp tdk sebanyak hari per 1 ,2 ,3 Dan mertua saya bilang kalo kemarin telat itu telat biasa bukan hamil Padahal sebelum nya saya gak pernah tuh yang namanya telat haid Apakah bener dok apa yang d omongin mertua saya Kalo darah yang keluar berupa gumpalan itu darah haid Tp knp pas di TP pertama Hasil nya positif ya dok Itu menjadi pertanyaan saya dok Soalnya kemarin waktu di usg janin nya pun belum kelihatan padahal usia kehamilan udah 6week Tolong di jawab dok

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah bertanya tentang Keluar Gumpalan Darah, Haid Atau Keguguran menggunakan fitur Tanyadokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Haid maupun keguguran, keduanya sama-sama dapat berupa keluarnya darah yang bergumpal. Perlu dipastikan kehamilan Anda terlebih dahulu.

Salah satu penyebab terlambat haid adalah kehamilan. Namun, tentunya hal ini perlu dipastikan dengan tanpa pasti kehamilan melalui pemeriksaan kehamilan (test pack, darah atau USG).

Pemeriksaan test pack didasarkan pada cara kerja mendeteksi marker kimiawi dalam tubuh, yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG). Tidak dipengaruhi oleh waktu pemeriksaan (pagi/siang/sore/malam). Test pack dapat mendeteksi kehamilan dengan tingkat keakuratan mencapai 99%. Bahkan dua garis tipis saja kemungkinan sudah menunjukkan hasil yang positif. Namun, masih mungkin terjadi hasil negatif ataupun positif palsu. 

Beberapa kemungkinan dari hasil positif palsu diantaranya:

- Hamil kimia
Banyak kasus kehamilan yang tidak diketahui mengalami keguguran yang disangka menstruasi. Test pack yang dilakukan sebelum terlambat haid menunjukkan hasil positif, ternyata menstruasi tetap keluar seperti biasa jumlahnya beserta jaringan hasil pembuahan.

- Waktu pemeriksaan
Tes kehamilan yang dilakukan di luar standar yang ditentukan akan membuat tes menjadi positif,misalnya: terlalu lama .

- Pengaruh obat atau bahan kimia.
Obat-obatan tertentu dapat membuat tes menjadi positif seperti:

- Pemakaian b-hCG untuk terapi kesuburan dan diet
Obat diuretik dan obat anti Parkinson
Bahan kimia atau sabun yang terkontaminasi pada urin
Vitamin C dosis tinggi juga dikatakan bisa mempengaruhi hasil tes 4.

Selain itu Adanya tumor dalam tubuh yang menghasilkan b-hCG seperti tumor jaringan plasenta (trofoblastik), tumor indung telur yang menghasilkan b-hCG dll, atau selain itu, masih ada kehamilan di luar rahim (ektopik) dan kehamilan anggur (mola) yang juga dapat menyebabkan hasil positif akibat hormon b- hCG yang dihasilkan.

Pemeriksaan test pack dapat membantu dalam diagnosis kehamilan, namun bukanlah tanda pasti kehamilan. Untuk memastikan kehamilan, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:

  • sering berkemih
  • pembesaran dan nyeri payudara
  • mual
  • perasaan lelah
  • daerah sekitar puting susu menghitam
  • peningkatan suhu tubuh
  • flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

  • terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan
  • terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi
  • terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Dengan USG umumnya sudah bisa dilihat adanya kantung kehamilan ('gestational sac') di rongga rahim berupa gambaran bulat hitam berbatas tegas. Diameter kantung kehamilan besarnya tergantung usia hamil. Sedangkan bakal janin ('fetal echo') di dalam kantung kehamilan belum tampak. Biasanya baru tampak pada usia hamil di atas 6 minggu.

USG kehamilan lebih akurat dibandingkan test pack kehamilan. Adapun fungsi dari USG kehamilan antara lain:

Untuk mendiagnosis dan memastikan adanya kehamilan. Biasanya dilakukan pada usia kehamilan sekitar 5 minggu

USG juga ditujukan :

untuk melihat lokasi kehamilan (di dalam rahim atau diluar rahim)
Untuk mengetahui bila terdapat perdarahan dalam kehamilan
Untuk menentukan usia kehamilan dan ukuran janin
Untuk mendiagnosis adanya cacat janin
Untuk mengetahui letak plasenta
Untuk mengetahui adanya kehamilan kembar
Untuk memperkirakan jumlah air ketuban

Darah haid yang bergumpal seringkali terjadi ketika darah haid yang keluar cukup banyak dan dalam jumlah besar. Secara otomatis, tubuh akan menghasilkan anti-pembekuan darah ketika Anda sedang mengalami menstruasi agar darah menstruasi tidak menggumpal. Namun, jika aliran darah cukup banyak maka anti-pembekuan darah dalam tubuh tidak sempat bekerja sehingga darah menstruasi akan keluar dalam bentuk gumpakan-gumpalan kecil dan sedang.  Darah yang keluar akibat keguguran juga dapat bergumpal karena terdiri dari jaringan. 

Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan agar Anda dapat menjalani pemeriksaan fisik dan diagnostik, serta USG. 

 Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar seputar Keluar Gumpalan Darah, Haid Atau Keguguran. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar