Sukses

Anak Umur 20 Bulan Belum Bisa Bicara

06 Sep 2017, 22:47 WIB
Wanita, 26 tahun.

Salam dok, anak saya berumur 20 bulan, tapi belum ada tanda2 babbling. Anak saya termasuk anak alergi, sejak lahir kalau dia bernafas nafasnya sering bunyi grok grok, sewaktu berumur sekitar 10 bulan dia sudah mulai mengucap"yah, ma, cici, dadada, tapi semenjak tumbuh gigi dia tidak pernah lagi mengoceh sampai sekarang, padahal saya sangat sering mengajak dia ngoceh, bernyanyi dsb. Dia mengerti segala hal yang kita bicarakan, apa yang disuruh dan di larang dia mengerti semuanya, tapi dia tidak mau mengikuti apa yang kita ucapkan. Jadi dok apa yang harus saya lakukan?

Terimakasih telah bertanya seputar anak umur 20 bulan belum bisa bicara melalui fitur Tanya Dokter.

Setiap anak berbeda dalam kecepatan pertumbuhan dan perkembangann. Cara untuk mencapai perkembangan yang optimal adalah dengan stimulasi yaitu meningkatkan respon terhadap anak. Stimulasi yang tepat adalah berkembang sesuai dengan tahapan anak.

Gangguan bicara dan bahasa adalah salah satu penyebab gangguan perkembangan yang paling sering ditemukan pada anak. Penyebab keterlambatan bicara sangat luas dan banyak, Gangguan tersebut ada yang ringan sampai yang berat, mulai dari yang bisa membaik hingga yang sulit untuk membaik. Keterlambatan bicara fungsional merupakan penyebab yang sering dialami oleh sebagian anak. Keterlambatan bicara golongan ini biasanya ringan dan hanya merupakan ketidakmatangan fungsi bicara pada anak. Pada usia tertentu terutama setelah usia 2 tahun akan membaik. Bila keterlambatan bicara tersebut bukan karena proses fungsional maka gangguan tersebut harus lebih diwaspadai karena bukan sesuatu yang ringan.

Terdapat 3 penyebab keterlambatan bicara terbanyak diantaranya adalah retardasi mental, gangguan pendengaran dan keterlambatan maturasi. Keterlambatan maturasi ini sering juga disebut keterlambatan bicara fungsional. Gangguan ini sering dialami oleh laki-laki dan sering tedapat riwayat keterlambatan bicara pada keluarga. Biasanya hal ini merupakan keterlambatan bicara yang ringan dan kemungkinan sembuhnya baik. Pada umumnya kemampuan bicara akan tampak membaik setelah memasuki usia 2 tahun. Terdapat penelitian yang melaporkan penderita keterlambatan ini kemampuan bicara saat masuk usia sekolah normal seperti anak lainnya.

Dalam keadaan ini biasanya fungsi reseptif (penerimaan) sangat baik dan kemampuan pemecahan masalah visuo-motor anak dalam keadaan normal. Anak hanya mengalami gangguan perkembangan ringan dalam fungsi ekspresif: Ciri khas lain adalah anak tidak menunjukkan kelainan saraf, gangguan pendengaran, gangguan kecerdasan, dan gangguan psikologis lainnya. Keterlambatan bicara fungsional pada anak sering dialami penderita yang mengalami gangguan alergi terutama dermatitis atopi (alergi) dan saluran cerna.
Kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan anak Anda ke dokter spesialis anak bila sampai umur 2 tahun masih belum bisa bicara untuk evaluasi menyeluruh mengenai pertumbuhan dan perkembangannya sehingga dapat ditentukan penyebab keluhan anak Anda. Sementara ini yang dapat anda lakukan adalah tetap mengajaknya untuk bicara, mengobrol dan periksakan juga keadaan giginya supaya dalam tahap pertumbuhan giginya juga selalu termonitor oleh anda.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai anak umur 20 bulan belum bisa bicara semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar