Sukses

Operasi Bartolin dan Keperawanan

06 Sep 2017, 21:07 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok sya mau tanya , sya umur 23 thu blm menikah, blm prnah melakukan hubungan seksual sebelumnya. Dok didaerah labia mayora sya tiba2 ad bengkak, sepertinya kelenjar bartolini dik, bagian kiri, gmna itu dok? Ap yg hrus sya lakukan, bntuknya lunak tidak sakit, sya cemas dok, sya baca di google mesti dioperasi, gmna dok sya kan masih perawan? Gmna t dok? Sya cemas sekali, trs knp bsa bengkak dok? Tlong balasannya dok, sya stres bnget mkirnya dok

Terimakasih telah bertanya seputar Benjolan di samping Vagina Anak melalui fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Dari penjelasan singkat Anda, ada kemungkinan Anak Anda mengalami pembesaran kelenjar Bartholin.

Kelenjar Bartholin merupakan 2 organ kecil di bawah kulit kelamin wanita. Kedua kelenjar ini terletak pada kedua sisi lipatan kulit kelamin (labia) yang mengelilingi vagina dan uretra. Umumnya, Anda tidak dapat meraba atau melihat kedua kelenjar ini.Kelenjar Bartholin berfungsi memproduksi cairan yang melembapkan kelamin luar (vulva). Cairan ini keluar melalui 2 saluran yang terdapat di dekat mulut vagina.

Apabila saluran kelenjar Bartholin tersumbat, cairan akan menumpuk di dalam kelenjar. Kondisi ini disebut dengan kista kelenjar Bartholin. Sumbatan tersebut biasanya terjadi karena ada peradangan, atau mukus yang di produksi terlalu kental, atau mungkin infeksi. Ukuran kista ini bervariasi dari sebesar kacang hijau hingga sebesar kelereng dan biasanya membesar secara perlahan. Bila saluran atau kelenjar Bartholin terinfeksi, kondisi ini disebut dengan abses kelenjar Bartholin.

Gejala kista yang tidak terinfeksi yaitu:

  • Benjolan tanpa nyeri di area vulva
  • Kemerahan atau bengkak di area vulva
  • Rasa tidak nyaman/mengganjal ketika berjalan, duduk atau berhubungan seks

Gejala kista yang terinfeksi yaitu:

  • Nyeri yang semakin memburuk sehingga membuat anak sulit berjalan
  • Demam dan menggigil
  • Area vulva (sekitar kemaluan) membengkak
  • Keluar cairan/nanah dari kista

Kista yang tidak terinfeksi dapat menghilang sendiri tanpa pengobatan. Sementara abses diperlukan tindakan yang disebut marsupialisasi. Tenang saja, kelenjar bartolin terletak di lokasi yang berbeda dengan selaput dara, sehingga tidak akan mengganggu keperawanan Anda. 

Kemungkinan lain bisa berkaitan dengan kelenjar skeneyang ada di pinggir muara saluran kencing. Kelenjar getah benih juga mungkin saja, bila berkaitan dengan infeksi sekitar kaki dan kemaluan serta kelainan darah. Akan tetapi kelenjar getah bening biasanya berada di lipat paha. Untuk memastikan penyebab benjolan maka sebaiknya Anda memeriksakan diri pada spesialis kebidanan dan kandungan

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar benjolan di samping vagina. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar