Sukses

Panu Tidak Kunjung Sembuh

06 Sep 2017, 17:29 WIB
Pria, 27 tahun.

Dok,saya mau tanya...!kenapa penyakit panu saya kok gak mau hilang padahal sdh banyak macam obat saya konsumsi,mulai dari pil/kapsul,cair,salep dll...? Mohon solusinya dok,terima kasih....!

Terima kasih atas pertanyaan Anda mengenai panu melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Panu atau pitiriasis versikolor adalah infeksi ringan yang sering terjadi disebabkan oleh Malasezia furfur. Penyakit jamur kulit ini adalah penyakit koronis yang ditandai oleh bercak putih sampai coklat yang bersisik. Kelainan ini umumnya menyerang badan dan kadang- kadang terlihat di ketiak, sela paha,tungkai atas, leher, muka dan kulit kepala. Nama lainnya adalah tinea versikolor atau panu.

Kelainan kulit pitiriasis versikolor ditemukan terutama di punggung, dada, leher dan lengan walaupun dapat terjadi di bagian tubuh lain. Pada anak-anak, terkadang dapat timbul di daerah wajah. Timbul bercak putih atau kecoklatan yang kadang-kadang gatal bila berkeringat. Bisa pula tanpa keluhan gatal sama sekali, tetapi penderita mengeluh karena malu oleh adanya bercak tersebut. Pada orang kulit berwarna, kelainan yang terjadi tampak sebagai bercak hipopigmentasi (warna kulit lebih terang dibanding kulit sekitarnya), tetapi pada orang yang berkulit pucat maka kelainan bisa berwarna kecoklatan ataupun kemerahan. Di atas kelainan kulit tersebut terdapat skuama (sisik halus).

Sudahkah Anda memeriksakan diri ke dokter? Ada beberapa kondisi yang mirip dengan panu, seperti ptiriasis rosea, ptiriasis alba, vitiligo, ataupun lepra. Hal ini bisa dibedakan dari pemeriksaan langsung, serta pemeriksaan penunjang bila dibutuhkan. Panu yang tidak sembuh bisa saja berkaitan dengan infeksi lain, yang ternyata bukan panu, atau berkaitan dengan pengobatan yang Anda gunakan. Pengobatan panu sendiri harus tekun dan konsisten. Saran kami, sebaiknya Anda memeriksakan diri terlebih dahulu untuk mengetahui penyebab keluhan yang Anda rasakan. Pengobatan yang baik adalah yang sesuai dengan penyebabnya,

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai panu, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda

0 Komentar

Belum ada komentar