Sukses

Es dan Sakit Tenggorokan

06 Sep 2017, 17:29 WIB
Wanita, 15 tahun.

dok, dulu setiap minum es saya baik-baik saja tapi akhir ini saya setiap minum es tenggorokan saya langsung terasa gatel dan batuk, kadang sampai kalo napas enggap. Terus 2 tahun terakhir saya punya benjolan dibawah dagu tepat nya dilipatan dagu,kadang terasa nyeri dok kalau batuk radamg saya kumat. apa ada hubungannya dok? apakah berbahaya dok? apa yg harus saya lakukan?

Terima kasih telah bertanya mengenai es dan sakit tenggorokan melalui fitur Tanya Dokter

Jadi sebenarnya tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa minuman dingin atau es merupakan penyebab batuk atau flu, seperti yang sudah diketahui bersama bahwa penyebab flu adalah virus flu atau virus influenza. Hal ini berkaitan dengan kondisi imun yang sedang buruk, misalnya saat kelelahan dan kurang tidur. Tapi kayaknya di masyarakat udah teranjur berkembang mitos selama berpuluh tahun bahwa minuman dingin dan es bisa jadi penyebab batuk, pilek maupun flu. Tapi memang minum es saat batuk bisa memperparah keadaan radang. Banyaklah mengkonsumsi air putih supaya dahak menjadi encer dan mudah dikeluarkan. Jagalah kebersihan diri terutama tangan setelah berkontak dengan barang-barang disekitar Anda

Apa yang Anda rasakan dibawah dagu kemungkinan adalah kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening akan merespon apabila ada peradangan pada area yang memiliki aliran getah bening dari kelenjar tersebut. Infeksi saluran napas bisa saja mengakibatkan kelenjar dibawah dagu menjadi membesar dan nyeri. Seiiring dengan radang dan infeksi teratasi maka kelenjar tersebut akan mengecil dengan sendirinya.

Demikian informasi ini kami sampaikan mengenai es dan sakit tenggorokan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar