Sukses

KB Suntik Mempengaruhi Kesuburan

06 Sep 2017, 15:24 WIB
Wanita, 30 tahun.

Saya sudah punya anak satu umur 12 tahun lahir caesar tp sampai skrg blm hamil lagi padahal sy tidak KB...apakan karna dulu saya KB suntik selama 3 tahun akhirnya mempengaruhi kesuburan...sy sudah lepas KB dr tahun 2009....kira" knp ya dok... Minta sarannya... Terima kasih

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai KB suntik mempengaruhi kesuburan.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Terdapat beberapa metoda kontrasepsi yang dapat dipilih. Salah satunya adalah dengan suntik KB hormonal.  Sesuai jenis hormon yang disuntikkan, suntik KB dapat dilakukan setiap bulan (kombinasi hormon estrogen dan progesteron) atau setiap 3 bulan (hanya hormon progesteron).

Suntik KB hormonal mencegah kehamilan dengan menghentikan pelepasan sel telur dari kandung telur (ovulasi) dan mencegah masuknya sel sperma ke dalam rahim. Mekanisme ini terjadi dengan cara mengganggu keseimbangan hormonal, sehingga efeknya tidak dapat hilang begitu saja setelah suntikan dihentikan. Tetapi bukan berarti tidak mungkin.  Adapun waktu yang diperlukan sangat bervariasi setiap individu. Ada yang memerlukan waktu 6-8 bulan bahkan 2 tahun hingga kesuburan dapat kembali. 

Oleh sebab itu Anda dan istri tidak boleh putus asa. Cobalah untuk menerapkan pola makan sehat dan melakukan olahraga secara teratur. Serta tidak lupa untuk memanjatkan doa agar harapan Anda dapat terkabul secepatnya.

Untuk memastikan kondisi Anda saat ini, kami sarankan Anda untuk konsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Pemeriksaan secara menyeluruh, termasuk USG kandungan (jika diperlukan) akan memperjelas ada tidaknya gangguan pada organ reproduksi Anda.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai KB suntik mempengaruhi kesuburan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar