Sukses

Seputar Alergi Susu Pada Anak

06 Sep 2017, 08:00 WIB
Pria, 29 tahun.

Maaf dokter saya mau tanya, anak saya sekarang usia jalan 9 bulan, sudah satu bulan lebih batuk pilek. Awalnya karena ketularan keluarga yg batuk pilek tapi smpai skrg blm reda batuknya, berdahak tp sulit keluar dahaknya, td panas tdk disertai mencret saat batuk pilek. Dan anak saya sering muncul ada ruam merah bercak gatal kayak biang keringat perna dibawa kedokter diagnosisnya jamur. Dikasi salep reda tp setelh itu muncul lagi, knp ya dok apa ank saya alergi susu formula, dr lahir dikasi formula karena asi saya ga keluar. Mohon penjelasnnya ya dok.

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah bertanya seputar alergi susu pada anak melalui fitur tanya dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Bayi dengan alergi susu sapi umumnya memiliki gejala pencernaan seperti muntah, diare berlanjut yang kadang-kadang terdapat darah, hingga mengganggu tumbuh kembang anak. Jika keadaan ini dibiarkan terjadi tentunya akan berpengaruh pada berat badan anak.

Bila bayi anda didiagnosis alergi susu sapi, memang sebaiknya pikirkan kemungkinan untuk mengganti jenis susu seperti ASI atau formula susu yang dihidrolisis sempurna atau susu soya.

Susu soya adalah susu dengan bahan dasar protein kedelai yang setara dengan protein pada susu sapi. Pemberian soya dan susu yang terhidrolisis sempurna dapat menjadi suatu tindakan pencegahan secara sekunder terjadinya alergi susu sapi karena diberikan pada anak atau bayi yang sudah terpapar dengan protein susu sapi namun belum timbul gejala alergi. Namun soya menjadi pilihan pertama dibandingkan susu terhidrolisis sempurna lainnya karena harganya yang relatif lebih murah dengan rasa yang lebih familiar. Keunggulan dari susu soya adalah:

-bebas laktosa sehingga aman untuk diet bebas laktosa
memiliki kandungan kalsium:fosfor (2:1) seperti pada ASI yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi
mengandung omega 6 dan omega 3 sebagai bahan dasar pembentukan AA dan DHA untuk tumbuh kembang otak yang optimal
-mengandung karbohidrat yang terkandung dalam maltodextrin yang dapat ditoleransi oleh sistem pencernaan yang terluka karena diare ataupun yang alergi terhadap susu sapi.

Namun, terdapat penelitian bahwa 30-40% anak alergi susu sapi bukan tidak mungkin terkena alergi soya. Sebaiknya Anda memastikan terlebih dahulu gejala yang dialami anak Anda, apakah benar-benar mengalami alergi susu sapi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar