Sukses

Keperawanan, Bagaimana Cara Mengetahuinya?

06 Sep 2017, 08:01 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok saya ingin bertanya jika saya mau melakukan cek keperawanan di rumah sakit apa ada syarat syarat yg harus dipenuhi terlebih dahulu? Ini bukan untuk keperluan hukum atau yg lain nya saya hanya ingin mngetahui karena saya berkali kali melakukan hubungan seks namun setiap merasakan sakit pasangan saya melepas nya kembali dan blm masuk sampai full penis nya. Dan pernah ada pendarahan setelah melakukan hal tersebut. Mohon jawaban nya. Terimakasih

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih Anda telah bertanya seputar keperawanan melalui fitur tanya dokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda tentang keperawanan . Pertama izinkan saya menjelaskan tentang konsep keperawanan.

Dua konsep yang dipahami masyarakat berkaitan dengan keperawanan perempuan adalah:

- Hilangnya keperawanan ditandai oleh robeknya himen perempuan, (Definisi Medis)

- Hilangnya keperawanan karena telah berhubungan intim untuk pertama kali, (Definisi Sosial)

Mana konsep keperawanan yang anda gunakan?

Himen merupakan membran tipis yang ada di dekat bukaan vagina, bagian tengahnya bolong sehingga darah menstruasi dapat keluar. Sebetulnya, himen perempuan dapat robek walau tidak melakukan hubungan intim, yaitu karena kecelakaan, aktivitas seperti naik kuda, senam, bersepeda, penggunaan tampon, masturbasi. Bahkan ada juga perempuan yang tidak memliki himen. Keadaan ini secara definisi medis dinyatakan sudah tidak perawan walaupun belum pernah berhubungan seks.

Sebaliknya ada juga keadaan dimana perempuan sudah berhubungan intim, namun himennya masih utuh, yang disebut himen yang elastis. Oleh karena itu, dalam kasus Anda, berdasarkan definisi sosial Anda sudah tidak perawan, namun secara medis perlu dilakukan pemeriksaan langsung oleh seorang dokter.

Secara medis, keperawanan tidak dapat dinilai selain dengan pemeriksaan selaput dara. Untuk melakukan pemeriksaan ini Anda dapat menemui dokter spesialis kandungan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar