Sukses

Pengobatan Kista

06 Sep 2017, 10:22 WIB
Wanita, 33 tahun.

Dok sy mau tanya.obat apakah yg bisa untuk mengempiskan kista.sy punya kista ukuran 12cm di ovarium kiri.sy takut utk operasi.mungkin ada jalan selain operasi.dan kl ada obatnya mohon untuk memberikan resep obatnya.terimakasih sebelumnya

Terima kasih telah bertanya mengenai pengobatan kista melalui fitur Tanya Dokter.

Pertama kami harus memastikan dulu apakah yang Anda maksud adalah kista ovarium? Karena kista dapat tumbuh dimana saja dalam tubuh.

Saya akan menjelaskan mengenai kista di ovarium, karena itu yang paling sering ditanya.

Kista ovarium atau kista indung telur adalah kantung yang berisi cairan yang ditemukan di ovarium. Selama fase menstruasi, ovarium akan menghasilkan telur dari pematangan kantung yang disebut folikel. Kebanyakan dari kista ini tidak berbahaya atau dibilang sebagai kista yang fungsional. Hanya sekitar 4-10% yang mengalami gangguan kista serius seperti PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome).

Kista sendiri disebabkan oleh faktor hormonal, salah satunya estrogen, sehingga bisa aja kembali muncul jika kadar estrogen tinggi. Hal ini bisa terjadi pada wanita masa reproduktif dan juga penggunaan obat hormonal seperti KB.

Beberapa jenis kista ovarium memang dapat mengganggu kesuburan, namun tidak selalu terjadi dan sebagian besar jenis kista ovarium tidak menyebabkan gangguan kesuburan (masih bisa hamil). Terdapat beberapa jenis kista ovarium:

Kista ovarium yang dapat menyebabkan gangguan kesuburan adalah:

Endometriosis
PCOS (Polycystic Ovary Syndrome)

Kista ovarium yang tidak menyebabkan gangguan kesuburan:

Kista fungsional
Kistadenoma
Kista dermoid

Perlu dipastikan jenis kista, ukuran kista, dan kondisi organ reproduksi Anda yang lainnya untuk menilai kemungkinan hamil. Sebaiknya konsultasikan masalah Anda dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk penilaian dan terapi lebih lanjut.

Tidak ada pola makan tertentu yang dapat mempengaruhi tumbuhnya kista ovarium. Oleh sebab itu, Anda dapat mengonsumsi vitamin E. vitamin E bahkan diyakini dapat membantu mencegah dan mengecilkan kista. Namun memang sebaiknya Anda mendiskusikan hal ini terlebih dahulu dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda yang lebih mengetahui kondisi kesehatan Anda saat ini.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat,

Salam sehat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar