Sukses

Nafas Bau Dan Badan Meriang

06 Sep 2017, 00:18 WIB
Wanita, 30 tahun.

Selamat malam dokter, saya mau nanyak klu nafas saya suka bau kenapa ya dok, dan badan rasanya meriang terus, cara penangannya gimana ya dok trimakasih

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 Terimakasih telah bertanya seputar Nafas Bau Dan Badan Meriang melalui fitur Tanya Dokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Bau mulut (halitosis) dapat terjadi akibat beberapa faktor, oleh karena itu kita harus mengeliminir penyebabnya satu persatu untuk menemukan sumbernya. 95% penyebab bau mulut berasal dari rongga mulut dan gigi geligi. Sebelum menjawab pertanyaan anda, berikut ada beberapa hal yang perlu dicermati :

*Bagaimana keadaan kesehatan rongga mulut anda.

  • Apakah anda melakukan cek gigi rutin ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali untuk melakukan pembersihan karang gigi? Karena karang gigi (calculus) tidak dapat hilang hanya dengan menyikat gigi biasa dan apabila menumpuk dapat menyebabkan radang gusi (gingivitis) dan gusi berdarah sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap.
  • Apakah terdapat gigi berlubang yang tidak ditambal dan kemasukan makanan sehingga menimbulkan bau mulut?
    Apakah terdapat sisa akar gigi atau sisa gigi yang menampung sisa makanan yang membusuk sehingga menyebabkan bau mulut?
  • Apakah anda menggunakan gigi palsu yang terlalu cekat? Karena gigi palsu yang terlalu cekat bisa membuat sisa makanan masuk dan nyangkut di sela-sela gigi palsu sehingga menimbulkan bau mulut.
  • Apakah anda sering merasa mulut anda kering (xerostomia)? Xerostomia bisa merupakan efek samping dari suatu terapi, kelainan kelenjar ludah ataupun kebiasaan bernafas lewat mulut. Karena air ludah (saliva) berfungsi untuk membasahi dan menetralisir zat asam yang diproduksi oleh plak juga membuang sel-sel rusak dalam rongga mulut yang jika menumpuk dapat menyebabkan bau mulut. Obat kumur yang mengandung alcohol juga bisa menyebabkan mulut kering.

Segera periksakan ke dokter gigi jika masih terdapat faktor lokal diatas untuk menghilankan bau mulut.

Jika faktor lokal diatas sudah diatasi namun masih terdapat bau mulut, kita dapat mencurigai ke faktor sistemik.
Terdapat beberapa penyakit sistemik yang dapat menyebabkan bau mulut, misalnya penyakit saluran pernafasan seperti Pneumonia, Bronchitis, Infeksi Sinus Kronis, Post Nasal Drip, Diabetes, Acid Reflux Kronis, Liver dan penyakit Ginjal. Untuk itu kami sarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter Spesialis Penyakit Dalam (SpPD), dan kemukakan segala bentuk gejala-gejala yang terjadi pada tubuh anda, sehingga dokter internis dapat mengevaluasi dan mendapatkan hubungan antara bau mulut dengan penyakit sistemik sehingga didapatkan diagnosa yang tepat.

Badan Meriang

Terdapat banyak kemungkinan penyebab keluhan Anda seperti flu, radang tenggorokan, demam dengue, demam karena virus lainnya dan lain sebagainya. Jika gejala yang Anda rasakan baru kurang dari 3 hari kemungkinan penyebabnya adalah infeksi virus akibat daya tahan tubuh yang sedang lemah atau tidak fit. Umumnya penyakit yang disebabkan virus dapat menyebabkan keluhan seperti yang Anda rasakan dan biasanya dapat sembuh dengan sendirinya bergantung dari daya tahan tubuh Anda. Perbanyak konsumsi sayur dan buah serta minum air minimal 8 gelas/ hari. Jika badan meriang disertai demam (suhu diatas 38 derajat cekcius) lebih dari 3 hari, Anda dapat melakukan pemeriksaan lab darah rutin. Namun, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter terdekat untuk mengetahui secara pasti penyebab keluhan Anda diperlukan anamnesis dan pemeriksaan fisik yang terarah, serta pemeriksaan penunjang seperti laboratorium darah bila diperlukan.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai Nafas Bau Dan Badan Meriang, semoga bermanfaat.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar