Sukses

Telat Haid Setelah lepas KB

06 Sep 2017, 08:00 WIB
Wanita, 28 tahun.

Selamat sore dok. Bulan juni 2017 saya terakhir melakukan KB suntik 1 bulan karna saya berniat untuk memiliki momongan lagi.nah tgl 17 Juli 2017 saya msh haid secara normal dng tanggal yg sesuai dr biasanya. Bulan agustus sampai skrng saya belum dapat haid.d TP jg hasilnya negatif.. Apakah ada hubungan telat haid saya ini dikarenakan berhenti KB suntik dok?

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah bertanya seputar telat haid setelah lepas suntik KB melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Pada dasarnya semua jenis KB hormonal dapat menimbulkan gangguan haid ketika dilepas. KB hormonal ini mempengaruhi kadar hormon reproduksi yang diproduksi oleh tubuh sendiri sehingga ketika dilepas dapat mengganggu keseimbangannya. Inilah yang membuat siklus haid memendek, memanjang, perdarahan haid sedikit-sedikit/sebentar-sebentar atau memanjang dan banyak. Tiap individu bervariasi, namun ketidakteraturan ini bisa berlangsung selama 3-12 bulan setelah lepas KB.

Kami sarankan agar Anda juga memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk dievaluasi apakah memang ini efek samping dari suntik KB saja atau ada hal lain yang mendasari.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai telat haid setelah lepas suntik KB. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar